PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TERAK DAN FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN SEGMEN KOLOM DAN KUAT AKSIAL KOMPONEN KOLOM SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON

ASHARI, BAGUS (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TERAK DAN FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN SEGMEN KOLOM DAN KUAT AKSIAL KOMPONEN KOLOM SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (72Kb)

    Abstract

    Bagus Ashari P. K1512011. PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH TERAK DAN FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN SEGMEN KOLOM DAN KUAT AKSIAL KOMPONEN KOLOM SEBAGAI SUPLEMEN MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh penggantian terak dengan variasi 0%, 15%, 30%, 45% dan penambahan fly ash dengan variasi 0%, 15%, 30% terhadap kuat tekan beton segmen kolom; (2) Pengaruh penggantian terak dengan variasi 0%, 15%, 30%, 45% dan penambahan fly ash dengan variasi 0%, 15%, 30% terhadap kekuatan memikul beban aksial beton komponen kolom; (3) Persentase optimal penggantian terak dan penambahan fly ash terhadap kuat tekan beton segmen kolom; (4) Persentase optimal penggantian terak dan penambahan fly ash terhadap kekuatan memikul beban aksial beton komponen kolom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisa data regresi. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) Variabel bebas: variasi penggantian terak yaitu 0%, 15%, 30%, 45% dan variasi penambahan fly ash yaitu 0%, 15%, 30%. (2) Variabel terikat: kuat tekan beton segmen kolom dan kekuatan memikul beban aksial beton komponen kolom akibat penggunaan variasi terak dan fly ash. Sampel beton segmen berdimensi 150 mm x 150 mm tinggi 150 mm untuk uji kuat tekan beton segmen kolom dan sampel beton komponen berdimensi 150 mm x 150 mm tinggi 600 mm untuk uji kekuatan memikul beban aksial beton komponen kolom. Hasil penelitian sebagai berikut, 1) Penggantian terak dan penambahan fly ash berpengaruh kuat terhadap kuat tekan beton segmen kolom 2) Penggantian terak dan penambahan fly ash berpengaruh rendah terhadap kekuatan memikul beban aksial beton komponen kolom 3) Nilai optimal penggantian terak dan penambahan fly ash yang menghasilkan kuat tekan maksimal segmen kolom beton sebesar 14,73 MPa pada persentase penggantian terak 30% dan penambahan fly ash 30%, 4) Nilai optimal penggantian terak dan penambahan fly ash yang menghasilkan kekuatan memikul beban aksial maksimal komponen kolom beton sebesar 66,62 kN pada persentase penggantian terak 30% dan penambahan fly ash 30%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Feb 2018 17:34
    Last Modified: 24 Feb 2018 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39544

    Actions (login required)

    View Item