Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Humanisme Sunan Drajat untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Peserta Didik di SMA Negeri Lamongan

MUZAKKI, AHMAD WAFI (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Humanisme Sunan Drajat untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Peserta Didik di SMA Negeri Lamongan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (668Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran sejarah dan aktualisasi diri peserta didik di SMA Negeri Lamongan; 2) Mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis Nilai Humanisme Sunan Drajat; 3) Menguji efektivitas penggunaan model pembelajaran sejarah berbasis Nilai Humanisme Sunan Drajat untuk meningkatkan aktualisasi diri peserta didik di SMA Lamongan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mantup dan SMA Negeri 1 Kedungpring antara bulan Januari hingga September. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadopsi model ADDIE, yang terdiri dari Lima tahapan, yaitu: 1) tahap analysis berisi analisa data studi pendahuluan di lapangan, studi literatur dan kebutuhan guru dan siswa; 2) tahap design berisi kombinasi empat komponen meliputi contextual teaching learning, pendekatan value clarification technique, pendekatan saintifik dalam kurikulum sejarah 2013, nilai ajaran Sunan Drajat; 3) tahap development berisi proses validasi dan uji coba produk; 4) tahapan implementation berisi penggunaan di lapangan dengan tujuan untuk melihat adaptasi pemakaian; 5) tahap evaluation berisi uji efektifitas kepada kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 mantup sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 kedungpring sebagai kelas kontrol. Analisis data uji efektifitas menggunakan t-test dalam uji statistik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran sejarah di lapangan kurang mengakomodasi peserta didik dalam melakukan aktualisasi, sehingga dibutuhkan model pembelajaran sejarah untuk meningkatkan aktualisasi diri; 2) Proses pengembangan melalui tahapan analisis, desain, uji validasi, uji coba dan uji implementasi yang menghasilkan model pembelajaran sejarah berbasis Nilai Humanisme Sunan Drajat; 3) model pembelajaran sejarah berbasis ajaran Sunan Drajat terbukti efektif meningkatkan aktualisasi diri peserta didik, melalui uji statistik dengan signifikansi P-value<0,05 yaitu 0,000. Kata kunci: model pembelajaran sejarah, ADDIE, aktualisasi diri, Nilai Humanisme, sunan drajat

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 24 Feb 2018 17:26
    Last Modified: 24 Feb 2018 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39541

    Actions (login required)

    View Item