AKUNTABILITAS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MELALUI KARTU SARASWATI DI KABUPATEN SRAGEN

SARI, SANTIKA NOVITA (2018) AKUNTABILITAS PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MELALUI KARTU SARASWATI DI KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (365Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Santika Novita Sari, D1115036. “Akuntabilitas Pelaksanaan Progam Jaminan Kesehatan Melalui Kartu Saraswati Di Kabupaten Sragen. 2017. 112 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Akuntabilitas Pelaksanaan Progam Jaminan Kesehatan Melalui Kartu Saraswati di Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Sragen yang didasarkan pada 3 ukuran penilaian indikator keberhasilan program secara akuntabel yang dikemukakan oleh Mark Boven yaitu Responsivitas, Responsibilitas, dan Transparansi. Model penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Sumber data dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu data primer dan data sekunder. Uji validitas data dengan triagulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas pelakasanaan progam jaminan kesehatan melalui kartu saraswati di Kabupaten Sragen sudah akuntabel. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 ukuran penilaian indikator yang digunakan untuk mengukur Akuntabilitas Progam, yaitu : 1) Responsivitas, pelayanan telah dijalankan oleh pegawai UPTPK dengan baik, pertanggungjawaban birokrasi publik terhadap pemenuhan kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan warga dan terbukanya kesempatan rakyat untuk mengajukan tanggapan dan kritik keluhan serta mudahnya informasi dan tanggapan dari petugas, kekurangan jumlah personil namun tidak menjadikan kendala dalam memberikan kepuasan pelayanan terhadap masyarakat miskin. maka dapat dikatakan bahwa pegawai dinilai sudah responsif. 2) Responsibilitas, pelaksanaan progam jaminan kesehatan melalui kartu saraswati sudah berkenaan dengan standart profesional dan kompeten dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari dokumen kepastian hukum, dan dari pegawai yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan kartu saraswati dan cara pegawai menangani keluhan sesuai kebijakan yang sudah ditentukan serta tidak adanya penyimpangan administrasi yang dilakukan oleh pegawai dalam memberikan pelayanan pelayanan pegawai UPTPK di nilai sudah responsible. 3) Transparansi, Prosedur pelayanan kepada masyarakat dibidang kesehatan melalui Kartu Saraswati sudah di publikasikan informasinya kepada masyarakat yang menginginkan pelayanan UPTPK melalui website, Facebook. Transparansi pelayanan publik di UPTPK dinilai sudah transparan dengan baik karena secara umum pelaksanaan progam yang mudah diketahui masyarakat, keterbukaan birokrasi, tindakan pelaksanaanya sesuai proses perumusan dan adanya publikasi informasi media. Kata Kunci : Akuntabilitas, Kemiskinan , Kartu Saraswati

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 22 Feb 2018 08:29
    Last Modified: 22 Feb 2018 08:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39534

    Actions (login required)

    View Item