ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS LAPORAN KUNJUNGAN BERBAHASA JAWA KARYA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT

OKTAVIANI, GALUH (2018) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS LAPORAN KUNJUNGAN BERBAHASA JAWA KARYA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (611Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Galuh Oktaviani. K4213033. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS LAPORAN KUNJUNGAN BERBAHASA JAWA KARYA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan berbahasa pada teks laporan kunjungan berbahasa Jawa; (2) faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan berbahasa dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Kebakkramat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari dokumen dan informan. Teknik sampling (cuplikan) yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan review informant. Teknik anaisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif (interavtive model of analysis) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi dengan data utama berupa teks laporan kunjungan berbahasa Jawa siswa dan transkrip wawancara dengan narasumber. Simpulan penelitian ini adalah: (1) bentuk kesalahan berbahasa yang terdapat dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa siswa dibagi menjadi tiga aspek, yaitu kesalahan pada tataran ejaan (fonologi), diksi/kata (morfologi), dan kalimat (sintaksis). Kesalahan yang paling dominan dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa adalah kesalahan berbahasa tataran ejaan sebesar 64,25%; (2) kesalahan berbahasa dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa siswa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: kurangnya minat dalam pembelajaran bahasa Jawa, penguasaan kaidah bahasa Jawa yang kurang memadai, kurangnya latihan menulis, kurangnya waktu menulis karangan, terpengaruh bahasa yang lebih dikuasai, siswa kurang teliti, dan kurangnya konsentrasi siswa; (3) upaya untuk mengatasi terjadinya kesalahan berbahasa dalam teks laporan kunjungan berbahasa Jawa siswa, diantaranya: meningkatkan penguasaan kaidah bahasa Jawa siswa, memperbanyak latihan menulis, memberi contoh terlebih dahulu, meningkatkan penguasaan bahasa Jawa ragam krama dalam kehidupan sehari-hari, dan menerapkan teknik koreksi yang tepat. Kata kunci : analisis kesalahan berbahasa, laporan kunjungan, bahasa Jawa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Feb 2018 20:17
    Last Modified: 12 Feb 2018 20:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39518

    Actions (login required)

    View Item