Penerapan Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Kelompok A di TK Aisyiyah 01 Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

PUTRI, GALLUH KHARISMA (2018) Penerapan Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Kelompok A di TK Aisyiyah 01 Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (179Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Galuh Kharisma Putri. K8113032. PENERAPAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 01 SEMANGGI KECAMATAN PASAR KLIWON KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri anak dengan menerapkan gerak dan lagu di TK Aisyiyah 01 Semanggi Pasar Kliwon Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penulisan ini adalah penulisan tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek pada penulisan ini adalah 21 anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Validitas data dalam penulisan ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penulisan tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan gerak dan lagu anak dapat menyalurkan atau mengekspresikan perasaan dan sikap positif anak melalui nyanyian dan gerakan sehingga melalui kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan percaya diri anak pada kelompok A TK Aisyiyah 01 Semanggi Pasar Kliwon Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dari pratindakan sampai siklus II. Hasil ketuntasan percaya diri anak pada pratindakan sejumlah 7 anak dari 21 anak atau sebesar 33%. Hasil ketuntasan percaya diri anak pada siklus I meningkat menjadi 12 anak atau 57%. Hasil ketuntasan percaya diri anak pada siklus II menjadi 85% atau 18 anak. Berdasarkan uraian di atas, hasil penulisan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan percaya diri anak kelompok A TK Aisyiyah 01 Semanggi Pasar Kliwon Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keberanian anak untuk menyatakan pendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan serta anak lebih mandiri dan berani dalam melakukan seuatu, seperti maju kedepan kelas tanpa didampingi guru. Katakunci : percaya diri, gerak dan lagu, anak usia 4-5 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Feb 2018 20:08
    Last Modified: 12 Feb 2018 20:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39517

    Actions (login required)

    View Item