Pengembangan Pembelajaran Sejarah Tentang Nilai-nilai Pemikiran Politik Sukarno Melalui Problem Based Learning (PBL) dan Value Clarification Tekhnique (VCT) Untuk Meningkatkan Wawasab Kebangsaan Siswa SMA Muhammadiyah Ende

WATI, FATMA (2018) Pengembangan Pembelajaran Sejarah Tentang Nilai-nilai Pemikiran Politik Sukarno Melalui Problem Based Learning (PBL) dan Value Clarification Tekhnique (VCT) Untuk Meningkatkan Wawasab Kebangsaan Siswa SMA Muhammadiyah Ende. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (302Kb)

    Abstract

    Fatma Wati. 2017. Pengembangan Pembelajaran Sejarah Nilai-nilai Pemikiran Politik Islam Sukarno Melalui Problem Based Learning (PBL) dan Value Clarification Tekhnique (VCT) Untuk Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa SMA Muhammadiyah Ende. Tesis. Pembimbing: Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Sariyatun, M. Pd, M. Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sukarno adalah salah satu putra terbaik bangsa dan pahlawan nasional Indonesia. Dalam perjuangannya melawan penjajahan kolonial, Sukarno banyak memikirkan dan menuliskan pemikiran-pemikirannya yang luar biasa tentang perjuangan dan persatuan bangsa.Buah pemikirannya tersebut sangat relevan diambil dan dimanfaatkan dalam pembelajaran Sejarah di SMA, khususnya tentang wawasan kebangsaan. Adapun tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) Mendeskripsikan Pengembangan Pembelajaran Sejarah yang selama ini digunakan di SMA Muhammadiyah Ende; (2) Mendeskripsikan desain hasil pengembangan Pembelajaran Sejarah Nilai-nilai pemikiran politik Islam Sukarno yang diterapkan untuk peserta didik; (3) Mendeskripsikan bentuk akhir Pengembangan Pembelajaran Sejarah Nilai-nilai Pemikiran Politik Islam Sukarno. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Ende, dengan menggunakan kelas XI IPS B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS A sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.Untuk dapat menghasilkan produk maka digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan menguji keefektifan produk supaya dapat berfungsi di masyarakat luas. Tahap penelitian dan pengembangan terdapat sepuluh langkah. Sesuai dengan kebutuhan peneliti bahwa langkah sepuluh tersebut disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan tahap evaluasi (uji efektifitas model). Hasil uji efektifitas prestasi (kognitif) menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal itu ditunjukkan bahwa hasil uji T dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil daripada 0,05 (0,906 > 0,05). Maka kelas eskperimen dan kontrol memiliki varian yang sama dengan rerata kompetensi yang juga sama. Uji T untuk wawasan kebangsaan diperoleh nilai 25,698 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil daripada 0,025 (0,000 < 0,025, maka Ho ditolak sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Pengembangan Pembelajaran Sejarah Nilai-Nilai Pemikiran Politik Islam Sukarno untuk meningkatkan wawasan kebangsaan peserta didik. Dengan demikian Pengembangan Pembelajaran Sejarah Nilai-nilai pemikiran politik Islam Sukarno efektif untuk meningkatkan wawasan kebangsaan peserta didik. Kata Kunci: Pemikiran Politik Islam Sukarno, Pengembangan Pembelajaran Sejarah, Wawasan Kebangsaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Feb 2018 18:51
    Last Modified: 12 Feb 2018 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39503

    Actions (login required)

    View Item