PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU MODIFIKASI WOLFINGER MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO KABUPATEN KLATEN

QORRI'AINA, FARRO DURROTUL (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU MODIFIKASI WOLFINGER MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KELAS IV DI SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (410Kb)

    Abstract

    Farro Durrotul Qorri’aina. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Modifikasi Wolfinger Mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV di Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS) Kabupaten Klaten. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd. Kopembimbing: Prof. (Em). Dr. Sri Anitah, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran terpadu Modifikasi Wolfinger berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Alam Bengawan Solo Kabupaten Klaten pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan modifikasi pembelajaran terpadu Wolfinger yang terdiri atas 5 langkah yaitu: 1) penentuan topik, yakni memilih topik luas yang akan dipelajari siswa sebagai bagian pembelajaran terpadu, 2) pemilihan konsep, dan melengkapinya dengan kegiatan yang akan dipelajari siswa melalui sebuah tema, 3) pemilahan mata pelajaran, yaitu menentukan mata pelajaran lain yang terkait pada konsep, 4) pembagian kegiatan, baik secara individu atau kelompok yang diurutkan secara sistematis, 5) Evaluasi, merupakan tahapan terakhir yang mana dilaksanakan tes pada kelas eksperimen untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran terpadu modifikasi Wolfinger. Produk pengembangan yang diujicobakan berupa handout bahan ajar; tinjauan dari ahli bahan ajar berkaitan dengan kurikulum, tinjauan dari ahli materi memuat aspek materi dan desain pembelajaran, metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian dan Pengembangan Sukmadinata. Sampel adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS). Hasil uji kelayakan dari para ahli yang terdiri dari ahli bahan ajar diperoleh hasil penilaian rata- rata 4,7 dengan kategori sangat baik, ahli materi mencapai rata- rata penilaian sebesar 4,6 yang mana masuk dalam kategori sangat baik. Setelah produk bahan ajar direvisi berdasarkan tanggapan dari para ahli, produk kemudian diujicobakan pada kelompok kecil diperoleh hasil rata- rata 4,6 dengan perubahan hasil belajar pada uji coba tes saat pretest dan posttest yakni dari 63,33 meningkat menjadi 78,88. Selanjutnya pada tahap uji coba lapangan atau skala luas untuk menguji keefektifan produk bahan ajar handout menunjukkan adanya perbedaan capaian hasil belajar siswa dilihat dari rata- rata nilai yang didapat yakni pada kelas kontrol yang semula memperoleh nilai 55,11 saat pretest menjadi 67,5 saat posttest. Berdasarkan data tersebut, maka terbukti bahwa hasil pengembangan model pembelajaran terpadu modifikasi Wolfinger efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Terpadu, Wolfinger, bahasa Inggris Farro Durrotul Qorri’aina. 2017. The Development of Integrated Learning Using Wolfinger Modified Model in The English Language Subject for Fourth Grade Students Elementary School Sekolah Alam Bengawan Solo Klaten . Thesis. Consultant: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd. Co- Consultant: Prof. (Em). Dr. Sri Anitah, M.Pd. Educational Technology Program, Faculty of Education and Teacher Training, Sebelas Maret University of Surakarta. ABSTRACT This Research is aimed to test the effectiveness of the integrated learning using Wolfinger modified model in the teaching learning English language for elementary school in order to improve student learning outcomes on English in fourth grade students Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS). The research development of integrated learning using the procedure of Wolfinger modified model consisting of 5 stages namely:1) selected topic to be studied as a part of the integrated approach, 2) decided on the concepts to be developed through the integrated approach, 3) determined which subject-matter areas are used as a part of the activities and draw a diagram to show the subject-matter areas and their concepts, 4) organized the materials for ease of distribution and use, 5) evaluated becoming the last stage of all by having a test for both classes which are control and experiment class to see whether is there any differences between the class applying the integrated learning using Wolfinger modified model especially vocabulary mastery. The trial of product development tested had passed several processes covering; the review from expert includes learning source and curriculum, the review from content’s expert covers material and instructional design. The method used Sukmadinata model. Sample was all of fouth grade students Sekolah Alam Bengawan Solo The results of the feasibility test of a team of experts covering media expert results obtained 4,6 categorized as very good and content experts 4,6 which is at a range of very good category. After the product is revised based on the experts’ input, it is tried and tested to the trial class students at a small group scope with the result of 4,6 for their responses to the product and improving score from the pretest which is 63,33 to be 78,88. Next, at the large scale trial at the experiment class to see the effectiveness of the integrated learning method shows that there is a difference on the student’s learning result. On the pretest of control class, the score is 55.11 and the final score in the posttest of the same class is 67,5. Thus, it can be said that the result of the development of integrated learning method using Wolfinger modified is effective to improve students learning outcomes. Keywords: integrated learning models, Wolfinger, English Language

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Feb 2018 18:39
    Last Modified: 12 Feb 2018 18:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39500

    Actions (login required)

    View Item