PENGEMBANGAN APLIKASI LETSHOOT BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING JARINGAN

ATISTA, FADILA AINI (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI LETSHOOT BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING JARINGAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    FADILA AINI ATISTA. K3513019. PENGEMBANGAN APLIKASI LETSHOOT BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING JARINGAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017. Pengembangan aplikasi Letshoot berbasis android sebagai media pembelajaran troubleshooting jaringan dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kesulitan memahami mata pelajaran troubleshooting jaringan, serta belum adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Learn Network Troubleshooting (Letshoot) yaitu media pembelajaran troubleshooting jaringan yang berbasis android dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi Letshoot berdasarkan ahli media, ahli materi dan pengguna. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Banyudono. Tahap-tahap dari model pengembangan Borg and Gall terdiri dari (1) Penelitian dan Pengumpulan Data yang meliputi analisis kebutuhan fungsional, analisis kebutuhan non fungsional dan analisis kebutuhan materi, (2) Perencanaan yang meliputi pembuatan peta navigasi dan stroyboard, (3) Pengembangan draf produk yang meliputi pembuatan produk, pembuatan instrumen evaluasi, serta pengujian kelayakan aplikasi oleh ahli media dan ahli materi, (4) Uji Coba Lapangan Awal yaitu pengujian aplikasi kepada pengguna yaitu 15 orang siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Banyudono, (5) Revisi produk yaitu penyempurnaan aplikasi berdasarkan saran dan komentar dari ahli media, ahli materi dan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 90,64%, dari ahli materi sebesar 82% dan dari pengguna sebesar 82,11%. Hasil penilaian tersebut diukur dengan menggunakan skala likert. Kata Kunci : media pembelajaran, android, troubleshooting jaringan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Feb 2018 17:57
    Last Modified: 12 Feb 2018 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39495

    Actions (login required)

    View Item