Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Purwajati, Rintis Agun (2018) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (732Kb)

    Abstract

    Rintis Agun Purwajati. K2313062. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses Sains siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Fisika pada materi pokok Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 siswa. Teknik validitas data yang digunakan adalah metode triangulasi. Data diperoleh melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta pada materi Usaha dan Energi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan pada penilaian Keterampilan Proses Sains siswa melalui observasi pada tahap Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2, yang berturut-turut berkisar antara 14,52 % hingga 54,84 %; 37,10 % hingga 70,97 %; serta 79,03 % hingga 88,71 %. Hasil tes juga menunjukkan peningkatan pada tahap Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2, yang berturut-turut berkisar antara 14,52 % hingga 33,87 %; 59,68 % hingga 74,19 %; serta 77,42 % hingga 87,1 %. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Keterampilan Proses Sains, Problem Based Learning, Usaha dan Energi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 12 Feb 2018 14:32
    Last Modified: 12 Feb 2018 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39488

    Actions (login required)

    View Item