PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

KUSUMAWATI, PUJI (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (779Kb)

    Abstract

    Puji Kusumawati. K4413047. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa percaya diri dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Simo dengan melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan media video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa, guru dan proses belajar mengajar sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Simo. Sumber data berasal dari narasumber atau informan, dokumen, arsip, tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis deskrptif komparatif dan analisis interaktif. Model penelitian yang digunakan adalah model spiral (Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Simo Boyolali berhasil meningkat, hal ini dapat dilihat dari persentase pencapaian nilai ketuntasan minimal (KKM= 70) siswa di kelas. Pada tahap pratindakan yang mendapat nilai KKM 70 sebanyak 11 siswa (30,56%), kemudian pada tahap siklus I meningkat menjadi 22 siswa (61,11 %), dan pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 31 siswa (86,11%). Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ≥ 80 %. Rasa percaya diri siswa pada pembelajaran sejarah juga dapat meningkat, hal ini dapat dilihat dari angka persentase jumlah siswa yang memiliki rasa percaya diri kategori tinggi. Pada tahap pratindakan, jumlah siswa yang memiliki rasa percaya diri kategori tinggi sebesar 11,11%. Pada tahap siklus I meningkat menjadi 50 % dan pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 75 %. Pencapaian tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu ≥70 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar dan rasa percaya diri dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Cooperative Learning, Think Pair Share, Hasil Belajar, Rasa Percaya Diri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 12 Feb 2018 14:15
    Last Modified: 12 Feb 2018 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39481

    Actions (login required)

    View Item