Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Team Assisted Individualization Berbasis Snowball Drilling Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Spasial

RIASTUTI, NOVA (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Team Assisted Individualization Berbasis Snowball Drilling Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Spasial. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (499Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran TAI-Snowball Drilling, TPS-Snowball Drilling atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, sedang atau rendah, (4) pada masing-masing kategori kecerdasan spasial, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran TAI-Snowball Drilling, TPS-Snowball Drilling, atau pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kabupaten Ngawi. Sampel penelitian ini diperoleh dengan cara Stratified Cluster Random Sampling. Banyak sampel untuk kelas eksperimen 1 sebanyak 83 siswa, eksperimen 2 sebanyak 80 siswa dan kelas kontrol sebanyak 81 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes kecerdasan spasial siswa, dan tes prestasi belajar matematika materi bangun ruang sisi datar. Analisis data dengan mengggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan uji komparasi ganda dengan menggunakan metode Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan: (1) model pembelajaran TAI-Snowball Drilling menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran TPS-Snowball Drilling, serta keduanya menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan kecerdasan spasial tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial sedang dan rendah, serta siswa dengan kecerdasan spasial sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan spasial tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial sedang dan rendah, serta siswa dengan kecerdasan spasial sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan spasial rendah, dan (4) pada masing-masing kategori kecerdasan spasial, model pembelajaran TAI-Snowball Drilling menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran TPS-Snowball Drilling, serta keduanya menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Kata kunci: TAI-Snowball Drilling, TPS-Snowball Drilling, kecerdasan spasial, prestasi belajar matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 Feb 2018 06:10
    Last Modified: 10 Feb 2018 06:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39474

    Actions (login required)

    View Item