PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X SMA N 1 COLOMADU

SAIFUDIN, MUKHAMAD (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X SMA N 1 COLOMADU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (729Kb)

    Abstract

    Mukhamad Saifudin.PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS X SMA N 1 COLOMADU. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model Learning Cycle 7E melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi, (3) ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Colomadu Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang terpilih yakni kelas X IPA 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik observasi. Kajian dokumen berupa nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Learning Cycle 7E melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs = 4,103 > Ftabel = F0.05;1;66 = 3,99), (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs = 18,249 > Ftabel = F0.05;1;66 = 3,99), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model Learning Cycle 7E melalui metode pembelajaran dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs = 0,285 > Ftabel = F0.05;1;66 = 3,99). Kata kunci : Model Learning Cycle 7E, metode eksperimen, metode demonstrasi,kemampuan kognitif,kemampuan kerjasama siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 Feb 2018 05:50
    Last Modified: 10 Feb 2018 05:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39469

    Actions (login required)

    View Item