REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X MIA DI SMA NEGERI GONDANGREJO KARANGANYAR

I, MUHAMMAD YUSUF (2018) REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X MIA DI SMA NEGERI GONDANGREJO KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (519Kb)

    Abstract

    Muhammad Yusuf Iriyanto. REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUN KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X MIA DI SMA NEGERI GONDANGREJO KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Desember 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif fisika siswa dalam pembelajaran remediasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi getaran harmonik kelas X MIA 1 di SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan divalidasi oleh dosen pembimbing. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi getaran harmonik dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan pada siswa kelas X MIA 1 pada tes formatif pokok bahasan getaran harmonik. Sebelum tindakan persentase ketuntasan sebanyak 0 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,14 %, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100 %, sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar dapat memenuhi nilai KKM (70) yang telah ditentukan oleh sekolah setelah mengikuti kegiatan remediasi pembelajaran menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi getaran harmonik. Kata kunci : remediasi pembelajaran Fisika, TPS, kemampuan kognitif, getaran harmonik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 Feb 2018 05:48
    Last Modified: 10 Feb 2018 05:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39468

    Actions (login required)

    View Item