PTK

IRSYAD, MUHAMMAD (2018) PTK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1010Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Irsyad, K5411041. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2015/2016 (Pada Kompetensi Dasar menganalisis kondisi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2017. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada materi potensi geografis Indonesia dengan penerapan metode pembelajaran struktural teknik kancing gemerincing di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi potensi geografis Indonesia dengan penerapan metode pembelajaran struktural teknik kancing gemerincing di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran struktural teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2015/2016. Hal itu dapat dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata keaktifan peserta didik, pada siklus I rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 67% dan pada siklus II sebesar 81%. Sementara untuk hasil belajar peserta didik yang telah mencapai batas tuntas yaitu pada pre-test sebesar 28%, siklus I sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 83% dengan indikator keberhasilan 75%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Struktural, Teknik Kancing Gemerincing, Keaktifan Peserta Didik, Hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 Feb 2018 05:42
    Last Modified: 10 Feb 2018 05:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39466

    Actions (login required)

    View Item