Pengembangan Media E-Learning XHTML Editor (EXE) Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa SMK Negeri 1 Sukoharjo

AINI, LUTHFI ISNA NUR (2018) Pengembangan Media E-Learning XHTML Editor (EXE) Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa SMK Negeri 1 Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1021Kb)

    Abstract

    Luthfi Isna Nur Aini. 2017. Pengembangan Media E-Learning XHTML Editor (EXE) Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa SMK Negeri 1 Sukoharjo. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Siswandari, M. Stats., Kopembimbing: Dr. Hery Sawiji, M. Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan media pembelajaran E-learning XHTML Editor (EXE) berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa akuntansi perusahaan jasa SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan media eXe berbasis ARCS ini menggunakan prosedur Borg dan Gall, yang telah dimodifikasi yaitu: 1) tahap studi pendahuluan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap pengujian, dan 4) tahap penyebarluasan. Analisis data yang digunakan selama proses penelitian dan pengembangan adalah: 1) analisis statistik deskriptif berdasarkan skor kriteria untuk penilaian kelayakan produk, dan 2) analisis statistik inferensial untuk mengukur tingkat keefektivan media dari motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran eXe berbasis ARCS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak ditinjau dari ahli materi, bahasa, media, dan praktisi; 2) media efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Negeri 1 Sukoharjo dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 14,42% pada kelas eksperimen dan sebesar 11,83% pada kelas kontrol, serta uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, sedangkan pada thitung diperoleh angka sebesar 3,175 > 1,994 (ttabel), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; serta 3) media yang dikembangkan efektif meningkatkan motivasi belajar akuntansi perusahaan jasa dengan peningkatan rata-rata motivasi belajar sebesar 11,56% atau 26,89 poin dan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata motivasi belajar siswa saat pre-test dan post-test Media eXe berbasis ARCS yang efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa diharapkan dapat dikembangkan pada kompetensi dasar lainnya. Kata Kunci: eXe, ARCS, motivasi belajar, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Feb 2018 11:57
    Last Modified: 08 Feb 2018 11:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39462

    Actions (login required)

    View Item