PENGARUH KEGIATAN MEMASAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

CHOIRUNNISAA, NINING (2018) PENGARUH KEGIATAN MEMASAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (987Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nining Choirunnisaa. K8113057. PENGARUH KEGIATAN MEMASAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan memasak terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan sampel 44 anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 56 Surakarta. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan dengan taraf signifikasi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 16 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan, nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 22,82 menjadi 29,95 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol adalah 21,86 menjadi 25,09 pada saat posttest. Terdapat pengaruh dari kegiatan memasak terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun, yang dibuktikan dengan hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen sudah mampu untuk membilang dengan menunjuk benda, membuat perbandingan, dan membuat simbol bilangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kegiatan memasak terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: kegiatan memasak, konsep bilangan, anak usia dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 01 Feb 2018 13:02
    Last Modified: 01 Feb 2018 13:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39420

    Actions (login required)

    View Item