PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI SURAKARTA

Ayu, Niken Indah Kusumaning (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (884Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Niken Indah Kusumaning Ayu. K8113056. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK YAYASAN KEMALA BHAYANGKARI SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen untuk menguji pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta. Desain yang digunakan adalah nonequivalent design dengan sampel sejumlah 13 anak pada kelompok kontrol dan 13 anak pada kelompok ekperimen. Teknik mengumpulan data melalui tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi (content validity).Teknik mengumpulan data melalui tes unjuk kerja untuk mengukur kemampuan membaca permulaan anak. Uji normalitas dan uji homegenitas menggunakan Kolmogorov smirnov dan anova. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikasi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran scramble memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest kelompok kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Yayasan Kemala Bhayangkari Surakarta. Kata Kunci : scramble, kemampuan membaca permulaan, pendidikan anak usia dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 01 Feb 2018 12:56
    Last Modified: 01 Feb 2018 12:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39418

    Actions (login required)

    View Item