Penerapan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching dalam Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia berdasarkan Indikator M1, M2 Per Cadangan Devisa, dan M2 Multiplier

Pratiwi, Esteti Sophia (2018) Penerapan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching dalam Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia berdasarkan Indikator M1, M2 Per Cadangan Devisa, dan M2 Multiplier. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (950Kb)

    Abstract

    Indonesia pernah dilanda krisis keuangan pada pertengahan tahun 1997 dan 2008. Krisis keuangan yang terjadi berdampak parah pada perekonomian Indonesia membuat diperlukannya suatu sistem pendeteksian dini krisis keuangan. Krisis dapat dideteksi berdasarkan beberapa indikator seperti indikator M1, M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier. Ketiga indikator tersebut dapat mempengaruhi stabilitas nilai tukar dan lebih lanjut dapat berpengaruh pada stabilitas keuangan sehingga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya krisis keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi krisis keuangan di Indonesia berdasarkan indikator M1, M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier menggunakan gabungan model volatilitas dan Markov switching. Ketiga indikator tersebut dapat dimodelkan menggunakan model SWARCH dengan asumsi tiga state yaitu state volatilitas rendah, volatilitas sedang, dan volatilitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator M1 dapat dimodelkan dengan SWARCH(3, 1), sedangkan indikator M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier dapat dimodelkan dengan SWARCH(3, 3). Kedua model dapat mendeteksi krisis pada pertengahan tahun 1997 hingga 1998 dan tahun 2008 berdasarkan nilai smoothed probability. Nilai peramalan smoothed probability untuk tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia berada pada kondisi tidak krisis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 01 Feb 2018 10:47
    Last Modified: 01 Feb 2018 10:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39417

    Actions (login required)

    View Item