PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV (Studi Eksperimen pada Kelas IV Siswa SD Negeri Se-Kelurahan Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

RUDIANTO, ERVIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV (Studi Eksperimen pada Kelas IV Siswa SD Negeri Se-Kelurahan Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1125Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ervin Rudianto. K7113075. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV (Studi Eksperimen pada Kelas IV Siswa SD Negeri Se-Kelurahan Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Science, Environtment, Technology, and Society (SETS) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Se-Kelurahan Jebres. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Pretest Posttest Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan SETS, sedangkan kelompok kontrol menggunakan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu SETS, dan variabel terikat yaitu sikap peduli lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Se-Kelurahan Jebres yang berjumlah 322 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dan statistik inferensial menggunakan uji-t (t-test) untuk menguji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS 23 Statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh secara signifikan penerapan model pembelajaran SETS terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV di SD Negeri Se-Kelurahan Jebres. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil uji-t (t-test) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 (taraf signifikansi) maka Ho ditolak. Kemudian didukung dengan hasil nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yang mencapai 112,34 dan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yang mencapai 104,66. Nilai rata-rata kelompok eksperimen mempunyai selisih sebesar 20,31 dari nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata kelompok kontrol mempunyai selisih sebesar 12,28 dari nilai rata-rata pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan SETS lebih baik dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Kata kunci: science, environment, technology, and society (sets), pembelajaran langsung, sikap peduli lingkungan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 01 Feb 2018 10:43
    Last Modified: 01 Feb 2018 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39416

    Actions (login required)

    View Item