Peningkatan Internalisasi Karakter Melalui Penerapan Model SETS ( Science Environment Technology and Society ) di Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

DIANA, HANIFAH NUR (2018) Peningkatan Internalisasi Karakter Melalui Penerapan Model SETS ( Science Environment Technology and Society ) di Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (645Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan internalisasi karakter siswa melalui penerapan model pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society) pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, angket penilaian diri dan teman, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc Taggart. Capaian internalisasi karakter diperoleh melalui penilaian sikap, penilaian teman dan penilaian diri sendiri. Internalisasi nilai karakter siswa yang diteliti yaitu jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Hasil pra-siklus meliputi skor rata-rata hasil observasi internalisasi yaitu 30,1% atau dengan nilai sebesar 1,2. Skor rata-rata penilaian diri siswa 2,1 atau 51,8% dan skor rata-rata penilaian teman 1,7 atau 42%. Skor rata-rata capaian internalisasi karakter siswa sebesar 1,7 atau dengan persentase ketercapaian yaitu 41,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkataninternalisasi karakter siswamelalui penerapan model pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society). Hasil akhir yaituskor observasi internalisasi karakter 76,9%, penilaian diri siswa 80,8%, dan penilaian teman 76,5%. Skor capaian internalisasi karakter siswa pada prasiklus 41,3%, siklus I 60,8%, dan siklus II 78,1%. Berdasarkan hasil penelitianini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SETS (Science Environment Technology andSociety) dapat meningkatkan internalisasi karakter siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kata Kunci :SETS ( Science Environment Technology and Society),internalisasi karakter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 01 Feb 2018 06:30
    Last Modified: 01 Feb 2018 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39384

    Actions (login required)

    View Item