Faktor-Faktor yang Memengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

WARDANI, EKA WIDYAYU (2018) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1036Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Eka Widyayu Wardani. K7413059. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Exploratory Factor Analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2013-2016 yang berjumlah 247 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sejumlah 108 mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 yang telah memperoleh mata kuliah terkait keuangan dan menunjukkan gejala-gejala permasalahan keuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa, yaitu (1) faktor pengalaman dan pendidikan keuangan yang terdiri dari pembelajaran di perguruan tinggi, usia, sumber pendidikan keuangan, pengalaman bekerja, lama studi, pengaksesan media informasi, dan IPK/kemampuan akademis, (2) faktor sosial ekonomi orang tua yang terdiri dari tingkat pendapatan orang tua, status sosial ekonomi orang tua, dan tingkat pendidikan orang tua, (3) faktor individu/personal yang terdiri dari tingkat ketertarikan dan keterlibatan, sikap dan keyakinan tentang uang, penggunaan ATM, uang saku, tingkat kepercayaan diri, dan pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, dan (4) faktor demografi yang terdiri dari jenis kelamin dan tempat tinggal. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat faktor baru yang memengaruhi literasi keuangan mahasiswa yaitu faktor pengalaman dan pendidikan keuangan. Implikasi dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor yang memengaruhi literasi keuangan perlu dioptimalkan untuk meningkatkan literasi keuangan. Selain itu, penting juga untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah pendekatan atau program tentang bagaimana meningkatkan literasi keuangan di departemen non-ekonomi atau akuntansi. Kata kunci: faktor pengalaman dan pendidikan keuangan, faktor sosial ekonomi orang tua, faktor individu/personal, faktor demografi, literasi keuangan ABSTRACT Eka Widyayu Wardani. K7413059. THE FACTORS AFFECTING STUDENTS’S FINANCIAL LITERACY AT DEPARTMENT OF ACCOUNTING EDUCATION FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION SEBELAS MARET UNIVERSITY. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, August 2017. The objective of this research is to find out the factors that affecting students’s financial literacy at Department of Accounting Education Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University. This research employed a descriptive quantitative method using Exploratory Factor Analysis techniques. The population of this research was all active of students year of 2013-2016 as 247 students. The sampling techniques used in this research was purposive sampling with 108 students as sample year of 2014 and 2015 who have obtained the related subject finance and shown indicate of financial problems. The data collection techniques used in this research was questionnaires, test, and documentation. The result of this research indicated that there are four factors that affecting financial literacy the students, such as (1) experience and education factors of financial consist of learning in college, age, source of financial education, work experience, length of study, access to information media, and GPA/academic ability, (2) socioeconomic factors of parents consist of parents’s income level, parents’s sosial economic status, and parents’s education level, (3) individual/personal factors consist of interest and involvement, attitudes and beliefs about money, ATM using, pocket money, self confident level,and family financial management education, and (4) demographic factors consist of gender and residential. The conclusion of this research was there are a new factor affecting financial literacy the students namely experience and education factors of financial. The implication in this research is the factors that affecting financial literacy need to be optimized to increase financial literacy. Furthermore, it is also important to create and develop an approach or program in how to improve financial literacy on non-economic or accounting departments. Keywods: experience and education factors of financial, socioeconomic factor of parents s, individual/personal factors, demographic factors, financial literacy

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 24 Jan 2018 12:58
    Last Modified: 24 Jan 2018 12:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39355

    Actions (login required)

    View Item