PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

DWI, DWI ANGGARA KUSUMA (2018) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (722Kb)

    Abstract

    Dwi Anggara Kusuma Dewi. PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 39 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru pengampu mata pelajaran fisika kelas X. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode validasi yang digunakan yaitu teknik triangulasi metode. Metode pengumpulan data meliputi angket, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E dengan metode praktikum dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dari kemandirian belajar siswa yang meningkat dari prasiklus, siklus I sampai siklus II dan mencapai target ketercapaian pada siklus II. Aspek kemandirian belajar yang ditingkatkan yaitu systematic, disiplin, inisiatif, inovatif, goal orientedness, dan motivasi. Model Learning Cycle 7E untuk meningkatkan kemandirian belajar terdiri dari tujuh tahap yaitu elicit (mendatangkan kemampuan awal siswa), engage (membangkitkan motivasi belajar), explore (mengeksplorasi konsep yang dipelajari serta meningkatkan aspek inovatif), explain (mengkomunikasikan hasil eksplorasi siswa serta meningkatkan aspek inisiatif), elaborate (menerapkan konsep serta meningkatkan aspek inovatif), evaluate (mengevaluasi hasil belajar serta meningkatkan aspek goal orientedness), dan extend (memperluas konsep yang diperoleh). Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Learning Cycle 7E

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 24 Jan 2018 12:30
    Last Modified: 24 Jan 2018 12:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39350

    Actions (login required)

    View Item