Pengembangan Panduan Keterampilan Penyesuaian Gaya Hidup dengan Kemampuan Ekonomi menggunakan Teknik Reframing bagi Siswa SMA

Susanti, Dwi Amin (2018) Pengembangan Panduan Keterampilan Penyesuaian Gaya Hidup dengan Kemampuan Ekonomi menggunakan Teknik Reframing bagi Siswa SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1029Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Amin Susanti. K3113017. PENGEMBANGAN PANDUAN KETERAMPILAN PENYESUAIAN GAYA HIDUP DENGAN KEMAMPUAN EKONOMI MENGGUNAKAN TEKNIK REFRAMING BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan dan kepentingan terhadap pengembangan keterampilan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan (2) mendeskripsikan hasil studi literatur mengenai keterampilan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi dan teknik reframing, (3) menghasilkan prototipe-1 panduan layanan bimbingan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi menggunakan teknik reframing bagi siswa SMA untuk guru BK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain dari Borg and Gall. Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pra pengembangan yaitu pembuatan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Se-Karesidenan Surakarta. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk prosentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama,ada kebutuhan dan kepentingan siswa terhadap pengembangan keterampilan menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan ekonomi menurut siswa, orang tua dan guru BK berdasarkan hasil kajian teoritik dan kajian empirik. Hasil kajian teoritik mengenai penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi meliputi pengertian keterampilan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi, faktor-faktor pembentuk gaya hidup,pengertian teknik reframing, langkah-langkah teknik reframing. Hasil kajian empirik menunjukkan 50,48% sangat membutuhkan dan 50,32% merasa sangat penting terhadap pengembangan keterampilan menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan ekonomi berdasarkan siswa, orang tua, dan guru BK. Kedua,berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik dapat dikembangkan produk berupa Buku Panduan Keterampilan Penyesuaian Gaya Hidup dengan Kemampuan Ekonomi menggunakan Teknik Reframing untuk guru BK. Buku panduan tersebut masih berbentuk prototipe-1, sehingga masih perlu untuk diuji validitaskan, uji kepraktisan dan uji kefektifan. Oleh karena itu, diharapkan bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sebelas Maret untuk menindaklanjuti produk tersebut. Kata kunci: Penyesuaian Gaya Hidup, Kemampuan Ekonomi, Teknik Reframing ABSTRACT Dwi Amin Susanti. K3113017. THE DEVELOPMENT OF LIFE STYLE ADJUSTMENT SKILL GUIDANCE SERVICE WITH ECONOMIC CAPABILITY USING REFRAMING TECHNIQUE FOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University Surakarta, September 2017. This research aims to (1) describe the students’ need for and interest in lifestyle adjustment skill development with economic capability (2) describe literature study result about lifestyle adjustment skill with economic capability and reframing technique, (3) produced prototype-1 life style adjustment skill guidance service with economic capability using reframing technique for high school students for guidance and counseling teachers. This research used Research and Development with design by Borg and Gall. The stage of this research is only until pre-development stage that is product development. Data collection was carried out by using students’ level of needs and interest. The subjects of research was high school students in Surakarta region. Data analysis used is descriptive statistical analysis with data presentation in percentage form The results of this research were as follows. First, there were students’ needs and interest for development of lifestyle Adjustment skills with economic capability according to students, parents and guidance and counseling teachers based on the result of theoretical and empirical study. The result of theoretical study about lifestyle adjustment with economic capability are including definitions of lifestyle adjustment skills with economic capability, lifestyle forming factors, definition of reframing technique and reframing technique methodology. The results of empirical studies indicated that 50.48% are in great needed and 50.32% are very important to the development of lifestyle skills with economic ability based on students, parents and guidance and counseling teachers. Second, based on the results of empirical studies and theoretical studies can be developed products in the form of Lifestyle Adjusment Skills Guidance Service with Economic Capability using Reframing Techniques for guidance and counseling teachers. The manual is still in the form of prototype-1, so it still needs to be tested for validity, practicality test and effectiveness test. Therefore, it is expected for the guidance and counseling students of Sebelas Maret University to follow up the product. Keywords: Lifestyle Adjustment, Economic Capability, Reframing Technique

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 24 Jan 2018 12:22
    Last Modified: 24 Jan 2018 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39349

    Actions (login required)

    View Item