PERBEDAAN KEJADIAN INFEKSI DAN EKSPULSI PADA PEMASANGAN IUD CUT 380A DENGAN R_INSERTER DAN CARA KONVENSIONAL PASCA SALIN

WIBOWO, ENDY (2018) PERBEDAAN KEJADIAN INFEKSI DAN EKSPULSI PADA PEMASANGAN IUD CUT 380A DENGAN R_INSERTER DAN CARA KONVENSIONAL PASCA SALIN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (167Kb)

    Abstract

    Latar Belakang : Banyak alat kontrasepsi dibuat dan beredar serta dipakai oleh akseptor, diantaranya adalah IUD CuT 380 A yang dipasang pasca salin. Panjang inserter IUD CuT 380 A yang tersedia dan dipergunakan adalah 20,5 Cm sehingga bila dipasang dengan cara “no touch and withdrawal technique” tidak memungkinkan sehingga meningkatkan resiko infeksi dan ekspulsi. Dirancang IUD CuT 380 A dengan panjang inserter 28 cm dan diameter inserter 1 cm berdasarkan data kedalaman rahim sampai introitus vagina pasca salin rata-rata 20 cm dengan nilai maksimum 28 cm (R Inserter), sehingga IUD CuT 380-A pasca salin bisa dipasang lebih mudah dan akurat dengan “no touch and withdrawal technique” yang mengurangi kejadian infeksi dan ekspulsi. Metode : Penelitian ini merupakan Eksperimen analitik dengan randomized control trial dan post test observation. Penelitian ini bersifat multicenter dengan kuota 100 akseptor, dibagi dua kelompok kontrol/ konvensional dan perlakuan/ R Inserter, masing masing 50 akseptor. Kemudian dilakukan evaluasi sampai dengan 3 bulan dan dilihat angka kejadian infeksi dan ekspulsi dari kedua grup. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat, chi square test menggunakan software SPSS (Software Package for social Science) 21. Hasil : Didapatkan perbedaan kejadian infeksi dan ekspulsi dari kedua kelompok (R_Inserter dan konfensional) dengan nilai P : 0,025 untuk kejadian infeksi dan P : 0,027 untuk kejadian ekspulsi. Hal ini menunjukkan pemakaian IUD CuT 380 A pasca salin dengan R_Inserter memberikan pengaruh yang bermakna secara statistik dengan nilai P < 0,05. Kesimpulan : Terdapat perbedaan kejadian infeksi dan ekspulsi pada pemasangan AKDR CuT 380A dengan R_Inserter dan inserter konvensional pasca salin. Pada pemasangan AKDR dengan metode R_inserter kejadian infeksi dan ekspulsi lebih sedikit dan bermakna secara statistik (p < 0.05).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Spesialis Obstetri Ginekologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 13:42
    Last Modified: 23 Jan 2018 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39340

    Actions (login required)

    View Item