Profil Kemampuan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di SMA N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017

Saputri, Endah (2018) Profil Kemampuan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di SMA N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (492Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Endah Saputri. K1312028. PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DI SMA N 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil kemampuan siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear dan (2) mendeskripsikan profil kemampuan siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen bantu berupa tes MFFT. Selanjutnya, identifikasi profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dilakukan dengan menggunakan tes kognitif dengan menggunakan kategori respon siswa berupa: (1) jawaban; (2) pernyataan; (3) pemilihan strategi; dan (4) penggunaan strategi yang dipilih. Validitas yang digunakan adalah triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik siswa dengan gaya kognitif reflektif maupun impulsif, keduanya mampu memahami maksud soal dengan baik, sehingga dapat menyelesaikan soal dengan memanfaatkan komponen yang diketahui, namun ada perbedaan diantara keduanya. Profil siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear dijabarkan sebagai berikut: (1) siswa dengan gaya kognitif reflektif mempertimbangkan strategi atau cara yang mungkin dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan konsep, sehingga cenderung menyelesaikan soal dengan waktu yang lebih lama. Namun demikian, terdapat siswa yang memilih menggunakan alternatif penyelesaian lain yang diketahui walaupun sebenarnya siswa mengetahui cara penyelesaian yang sesuai dengan konsep dan (2) siswa dengan gaya kognitif impulsif menggunakan strategi yang saat itu terlintas sehingga tidak melalui pertimbangan dan cenderung tidak teliti, tergesa-gesa dan menggunakan waktu yang relatif singkat dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan gaya kogitif impulsif tidak memeriksa kembali setelah menemukan jawaban yang diperoleh dan menyadari kesalahan yang dilakukan ketika diminta untuk memeriksa ulang jawaban mereka. Kata Kunci: masalah, menyelesaikan masalah, gaya kognitif reflektif-impulsif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 01:11
    Last Modified: 23 Jan 2018 01:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39338

    Actions (login required)

    View Item