PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK EKONOMI BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 SURAKARTA

ASTUTI, DWI PUJI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK EKONOMI BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (515Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media e-book ekonomi untuk digunakan dalam mata pelajaran ekonomi, 2) menguji keefektivan media e-book ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dan pengembangan media e-book ekonomi ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall menggunakan 10 langkah pengembangan yang telah dimodifikasi menjadi empat tahap yaitu: 1) tahap pendahuluan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap pengujian, 4) tahap penyebarluasan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kuantitatif media didapatkan bahwa validasi ahli media 92,5% dengan kriteria sangat baik, ahli materi 83,3% dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa 100% dengan kriteria sangat baik, dan ahli praktisi sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis uji keefektivan media e-book ekonomi berorientasi Problem Based Learning dengan menggunakan software IBM SPSS 22 diperoleh nilai thitung 3,119 > ttabel 1,693 dengan demikian peningkatan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83,33 dan kelas kontrol 77,17. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 6,16 poin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book ekonomi berorientasi Problem Based Learning layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Pengembangan, E-book, Ekonomi, Problem Based Learning, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 01:01
    Last Modified: 23 Jan 2018 01:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39335

    Actions (login required)

    View Item