PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT SISWA KELAS IV SD NEGERI BADRAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

AFSARI, DINASTI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT SISWA KELAS IV SD NEGERI BADRAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (867Kb)

    Abstract

    Dinasti Afsari. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BADRAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan nembang macapat menggunakan model pembelajaran talking stick pada siswa kelas IV SD Negeri Badran Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Badran Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik uji validitas yang digunakan adalah teknik uji validitas isi (content validity). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model silang interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keterampilan nembang macapat dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus masih menggunakan model ceramah sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran macapat dan menyebabkan pembelajaran tidak berjalan optimal serta keterampilan nembang macapat siswa yang rendah. Persentase ketuntasan keterampilan nembang macapat pada prasiklus sebesar 41% atau sebanyak 20 siswa tidak mencapai KKM dengan rerata kelas sebesar 67. Pada siklus I, keterampilan nembang macapat siswa meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 71% atau sebanyak 24 siswa yang mencapai KKM dan rerata pada siklus I sebesar 73. Pada siklus II, keterampilan nembang macapat siswa meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88% atau sebanyak 30 siswa yang mencapai KKM dan rerata pada siklus II sebesar 83. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keterampilan nembang macapat pada siswa kelas IV SD Negeri Badran Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, talking stick, keterampilan, nembang macapat Dinasti Afsari. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN NEMBANG MACAPAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BADRAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2017. The research purpose to improve the skill of nembang macapat by applying talking stick as the learning model of fourth grade of State Elementary School Badran Surakarta in academic 2016/2017. This research was a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages which were planning, implementation of action, observation and reflection. The subjects of this research were a teachers and fourth graders of State Elementary School Badran Surakarta in academic year 2016/2017 which amounted to 34 students. The data sources were a teacher and students. The data collection techniques used were observation, interview, documentation and test. The validity test technique used is the content validity test technique (content validity). Data analysis technique used is interactive data analysis technique of cross model consisting of data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that through the application of talking stick learning model can improve the skills of nembang macapat from pre-cycle to cycle I and cycle II. The learning process in Prasiklus still used the lecture model so that the students were less interested in learning macapat and cause the learning doesn’t run optimally as well as the low student nembang macapat skills. The percentage of mastery skill nembang macapat on prasiklus by 41% or as many as 20 students did not reach KKM with average class 67. In the first cycle, students nembang macapat skills increased with the percentage of classical completeness of 71% or as many as 24 students who reached KKM and average cycle I were 73. In the second cycle, students nembang macapat skills increased with the percentage of classical completeness of 88% or as many as 30 students who reached the KKM and average in cycle II were 83. The conclusion of this research is the application of talking stick cooperative teaching model can improve the skill of nembang macapat in fourth graders of State Elementary School Badran Surakarta in academic year 2016/2017. Keywords: cooperative teaching model, talking stick, skill, nembang macapat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 00:48
    Last Modified: 23 Jan 2018 00:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39331

    Actions (login required)

    View Item