Analisis Sentimen Masyarakat pada Media Sosial Twitter terhadap Pilkada DKI Jakarta 2017 dengan Pendekatan Prediktif dan Deskriptif

BUDIONO, DELLA FITRAYANI (2018) Analisis Sentimen Masyarakat pada Media Sosial Twitter terhadap Pilkada DKI Jakarta 2017 dengan Pendekatan Prediktif dan Deskriptif. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (130Kb)

    Abstract

    Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sentimen dari Pilkada DKI Jakarta 2017 pada media sosial Twitter dengan pendekatan prediktif dan deskriptif. Dataset diambil dari Twitter dengan menggunakan username Twitter dari tiap calon gubernur sebagai search query. Untuk pendekatan prediktif, algoritma machine learning seperti Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine digunakan untuk mengklasifikasi dataset. Sedangkan untuk pendekatan deskriptif, grafik time-series dan wordclouds digunakan untuk mendapatkan gambaran lebih dalam dari dataset dan menemukan hubungan keterkaitan antara sentimen pada Twitter dengan hasil dari Pilkada itu sendiri. Untuk pendekatan prediktif, hasil terbaik diperoleh saat menggunakan Support Vector Machine (dengan menggunakan seluruh fitur), dengan akurasi sebesar 69.11%. Sedangkan untuk pendekatan deskriptif, diperoleh beberapa keterkaitan antara grafik time-series dan wordcloud dengan hasil dari pilkada.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 00:23
    Last Modified: 23 Jan 2018 00:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39324

    Actions (login required)

    View Item