Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

SEKARMAJI, DARIS SITI (2018) Pengaruh Metode Multisensori terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (728Kb)

    Abstract

    ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quassi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Al Islam 12 Grogol Sukoharjo yang terdiri dari 40 anak. Sampel yang digunakan peneliti sejumlah 20 anak dengan teknik pengambilan sampel sampling sistematis. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kemampuan berhitung anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan shapiro wilks dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun, terlihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Image. Kedua, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 22,85 meningkat menjadi 27,45 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 24,15 pada saat pretest menurun menjadi 23,35 pada saat posttest. Kata Kunci: metode multisensori, kemampuan berhitung. ABSTRACTThe purpose of this research is to know the influence of multisensory method against numeracy ability of children aged 5-6 years old.This research was a quantitative of quasi-experiment with design nonequivalent control group design.Population in this research was group B kindergarten of Al Islam 12 Grogol Sukoharjo which consist of 40 children. The sample used by researchers consist of 20 children with systematic sampling technique. Instrument validity used construct validity. Data collection techniques through tests to measure the ability of numeracy of children. Normality and homogeneity test used shapiro wilks and levene test for equality of variance. Data analysis in this study used parametric statistic after data stated normal and homogeneous with signicance level > 0,05. Test the hypotesis used t-test with SPSS 15 for windows. The result findings show: first, there is an influence of multisensory method against numeracy ability of children aged 5-6 years old, it is proven by the significant different that is found experiment group (Image.Second, The average pretest experimental group increased from 22,85 to 27,45 during the posttest, while the average value pretest of 24,15 in the control group to 23,35 at the posttest time. Keywords: multisensory method, numeracy ability

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 23 Jan 2018 00:13
    Last Modified: 23 Jan 2018 00:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39321

    Actions (login required)

    View Item