IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2010 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI SURAKARTA (STUDI KASUS DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA)

TRIATMAJA, DEFIKA FIRMAN (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2010 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI SURAKARTA (STUDI KASUS DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (850Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dari pelaksanan implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Surakarta serta Pemerintahan Kota Surakarta apakah telah mampu mengatasi permasalahan persampahan perkotaan. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris bersifat deskriptif. Jenis data primer berupa wawancara dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dengan menggunakan teknik wawancara atau interview, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah model analisis data kualitatif, dengan menggunakan, pengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas, dan kaidah-kaidah hukum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini dihasilkan simpulan sudah mampu melaksanakan pengelolaan sampah yang ada di Kota Surakarta. Pemerintah Kota Surakarta menjalankan pengelolaan sampah dan peraturan yang ada. Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah Kota Surakarta. Pelaksanaan pengelolaan sampah di Surakarta sudah sangat sesuai dengan Peraturan yang ada, bahkan pemerintah Dinas Lingkungan Hidup kota Surakarta melayani masyarakat secara maksimal tentang pembungan sampah akhir serta pengelolaan sampah yang ada di Kota Surakarta yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 20 Jan 2018 05:47
    Last Modified: 20 Jan 2018 05:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39285

    Actions (login required)

    View Item