Pengaruh Krisis Finansial terhadap Pasar Modal (Studi Kasus: Analisis Dampak Perubahan Kondisi Makro Ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia pada Fenomena Bubble Economic Tahun 2008)

Pramastuti, Aviella (2018) Pengaruh Krisis Finansial terhadap Pasar Modal (Studi Kasus: Analisis Dampak Perubahan Kondisi Makro Ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia pada Fenomena Bubble Economic Tahun 2008). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1198Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pengaruh Krisis Finansial terhadap Pasar Modal (Studi Kasus: Analisis Dampak Perubahan Kondisi Makro Ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia pada Fenomena Bubble Economic Tahun 2008) AVIELA PRAMASTUTI. F0213017 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris terkait pengaruh krisis finansial terhadap kinerja pasar modal dengan mengambil studi kasus analisis dampak perubahan kondisi makroekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada fenomena bubble economic tahun 2008. IHSG memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi makro ekonomi di suatu negara. Dengan adanya krisisi finansial global yang menyebabkan perubahan makro ekonomi, maka Indeks Harga Saham Gabungan pada bursa efek pun juga akan mengalami perubahan. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen, yang meliputi Gross Domestic Product, inflasi, suku bunga, tingkat angkatan kerja, dan jumlah uang yang beredar. Sementara variabel dependen yang diteliti adalah IHSG pada Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dibatasi pada delapan tahun sebelum dan sesudah krisis. Metode analisis menggunakan analisis data kualitatif yang berangkat dari pemrosesan satuan, reduksi data, kategorisasi, serta penafsiran data, dan analisis data kuantitatif yang menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antarvariabel. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebelum krisis nilai f = 163.250 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05) dan setelah krisis nilai f = 167.169 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel secara simultan baik sebelum maupun sesudah krisis. Sementara itu, berdasarkan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap variabel dependen. Kata Kunci: IHSG, Krisis Finansial, Ekonomi Makro

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Jan 2018 07:29
    Last Modified: 17 Jan 2018 07:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39281

    Actions (login required)

    View Item