PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA X TEKNIK SIPIL B (X TS-B) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURRAHMAH, ANISAK (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA X TEKNIK SIPIL B (X TS-B) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anisak Nurrahmah. Eko Supri Murtiono. Roemintoyo. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK SIPIL B (X TS-B) PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Pelaksanaan tindakan pembelajaran di kelas yaitu diawali dengan guru masuk ke dalam kelas, dan mengabsen siswa satu per satu, lalu guru membagi siswa menjadi 8 kelompok heterogen yang setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, setelah siswa menempatkan diri sesuai kelompoknya, guru memberikan soal untuk diinvestigasi setiap kelompok, setelah semua kelompok selesai meginvestigasi dan memecahkan soal yang diberikan oleh guru, maka satu per satu ketua dari kelompok atau perwakilan maju ke depan kelas dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya, jika hasil diskusi telah disampaikan, maka diadakan diskusi atau tanya jawab dari kelompok lain kepada perwakilan anggota kelompok yang maju ke depan kelas jika ada hal yang kurang jelas, guru memberikan penjelasan singkat atau rangkuman dari hasil investigasi yang dilakukan oleh siswa, guru memberikan soal evaluasi dan di akhir pertemuan, guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini dapat meningkatkan peran aktif, minat belajar, dan hasil belajar siswa. Pada peran aktif belajar siswa pra tindakan belum ada siswa yang memperoleh predikat Baik (yang ditargetkan peneliti), pada siklus I predikat Baik diperoleh 19 siswa, sedangkan siklus II meningkat menjadi 22 siswa, bahkan 3 siswa lainya mendapat predikat Sangat Baik. Predikat Baik (yang ditargetkan peneliti) pada minat belajar siswa pra siklus didapatkan 13 siswa, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 14 siswa, dan siklus II meningkat menjadi 23 siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada pratindakan sebesar 31%, pada siklus I hasil ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 66%, sedangkan untuk siklus II mengalami peningkatan menjadi 84%. Untuk persentase hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 81% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91%. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorikik pada siklus I sebesar 72%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 88%. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif Group Investigation, peran aktif belajar, minat belajar, hasil belajar, langkah penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. ABSTRACT Anisak Nurrahmah1. Eko Supri Murtiono2. Roemintoyo3. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION TO INCREASE LEARNING RESULTS STUDENT CLASS X TECHNIQUE B (X TS-B) AT LEARNING LESSON CONSTRUCTION STATE SMK NEGERI 5 SURAKARTA LESSON YEAR 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta, June 2017. Implementation of learning action in the classroom starts with the teacher entering the class, and call the name of students one by one, then the teacher divides the students into 8 heterogeneous groups with each group consisting of 4 students, after the students put themselves according to their group, the teacher gives the problem to be investigated every group, after all groups finish investigating and solving the problems given by the teacher, then one by one the chairman of the group or representative forward to the class and convey the results of the group discussion, if the results of discussion has been submitted, then held discussion or question and answer from other groups to representatives of group members who go to the front of the classroom if there is something unclear, the teacher gives a brief explanation or summary of the results of the investigation conducted by the students, the teacher gives a question of evaluation and at the end of the meeting, the teacher closes learning and greeting. The results show that the application of this model can enhance the active role, interest in learning, and student learning outcomes. In the active role of learning pre-action students have no students who get the predicate Good (targeted researchers), in the cycle I predicate Good obtained 19 students, while the second cycle increased to 22 students, even 3 other students received the title Very Good. Good predictions (targeted researchers) on the interest of pre-cycle students learning obtained 13 students, the cycle I increased to 14 students, and cycle II increased to 23 students. Percentage mastery of cognitive learning achievement on before cycle 31%, in cycle I cognitive domain results increased to 66%, while for cycle II has increased to 84%. For percentage of learning achievement of affective aspect of cycle I is 81% and in cycle II has increased by 91%. While the psychomotoric learning result in cycle I is 72%. In cycle II experience increase from cycle I equal to 88%. Keywords: cooperative learning model Group Investigation, active learning role, learning interest, learning outcomes, steps of cooperative learning model Group Investigation. Student of Building Engineering Education 2 Mentor I Eko Supri Murtiono 3 Mentor II Roemintoyo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Jan 2018 17:27
    Last Modified: 16 Jan 2018 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39267

    Actions (login required)

    View Item