PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DI KABUPATEN OKU TIMUR

JAENUDIN, AHMAD (2018) PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DI KABUPATEN OKU TIMUR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1330Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk pengembangan E-Module Pembelajaran Ekonomi Berbasis Problem Based Learning yang valid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten OKU Timur. 2) Menganalisis keefektifan penggunaan E-Module Pembelajaran Ekonomi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten OKU Timur. Penelitian dan pengembangan e-module pembelajaran ekonomi ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall menggunakan 10 langkah pengembangan yang telah dimodifikasi menjadi empat tahap yaitu: 1) tahap pendahuluan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap pengujian, 4) tahap penyebarluasan. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan e-modul berdasarkan skor kriteria angket, dan analisis hasil belajar siswa menggunakan uji t-test (independent sample test). Berdasarkan hasil analisis kelayakan e-module pembelajaran ekonomi berbasis problem based learning disimpulkan bahwa validasi ahli media diperoleh persentase penilaian 88,8% dengan kriteria sangat baik, ahli materi dengan persentase penilaian 94,6% dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa dengan persentase penilaian 100% dengan kriteria sangan baik, dan oleh ahli praktisi diperoleh persentase penilaian 94,44% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan dengan menggunakan software IBM SPSS 22 dengan rumus uji independent sample test., nilai thitung yang didapatkan dari postest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 3,320 dengan nilai ttabel adalah 1,997, dengan demikian thitung> ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001<α (0,05), yang menunjukkan bahwa H1 diterima berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa e-module pembelajaran ekonomi hasil pengembangan lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan tanpa menggunakan e-module pembelajaran ekonomi berbasis problem based learning. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah e-module pembelajaran ekonomi berbasis problem based learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: pengembangan, e-module pembelajaran ekonomi, problem based learning, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Jan 2018 16:43
    Last Modified: 16 Jan 2018 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39254

    Actions (login required)

    View Item