Komunikasi dan Presentasi Diri Perempuan di Ranah Publik dan Domestik Terhadap Perspektif Gender Melalui Studi Dramaturgi anggota Organisasi dan LSM Perempuan di Yogyakarta dan Jakarta

MIRANTI, ADITA (2018) Komunikasi dan Presentasi Diri Perempuan di Ranah Publik dan Domestik Terhadap Perspektif Gender Melalui Studi Dramaturgi anggota Organisasi dan LSM Perempuan di Yogyakarta dan Jakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (10Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lebih dalam mengenai presentasi diri yang dilakukan oleh anggota Organisasi dan LSM perempuan di Yogyakarta dan Jakarta terkait pemaknaan kesetaraan gender yang mereka pahami, serta menganalisa kesan-kesan yang mereka munculkan dan tunjukan ke khalayak di ranah domestik dan publik sebagai perempuan pergerakan dengan menggunakan teori Dramaturgi Erving Goffman. Untuk melihat unsur-unsur komunikasi dan aktivitas sosial yang dilakukan oleh anggota Organisasi dan LSM perempuan di Yogyakarta dan Jakarta melalui panggung belakang dan panggung depan kehidupan diperkuat melalui impression management serta komunikasi verbal dan non verbal para narasumber penelitian. Penelitian ini menganalisa mengenai proses presentasi diri anggota Organisasi dan LSM perempuan di Yogyakarta dan Jakarta yang berbeda beda dalam menjalani perannya ketika berada di panggung belakang dan panggung depan kehidupan sosial terkait pemaknaan kesetaraan gender yang mereka pahami. Selain itu penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perempuan pergerakan walaupun sebagai aktivis perempuan masih banyak yang belum bisa terlepas secara utuh dari belenggu patriarki ketika berada di ranah domestik. Kemudian unsur-unsur yang diteliti pada penelitian ini terkait dengan pengelolaan kesan (impression management) terkait dengan komunikasi verbal dan non verbal yang dilakukan oleh delapan narasumber penelitian di backstage sebagai ranah domestik dan frontstage sebagai ranah publik. Lokasi penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah di Yogyakarta dan Jakarta karena dianggap memiliki perbedaan jika di lihat dari sistem kebudayaan masyarakat antara priyayi dan modern.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Jan 2018 16:36
    Last Modified: 16 Jan 2018 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39252

    Actions (login required)

    View Item