PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1484K/Pid/2015)

Said, Achmad (2018) PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1484K/Pid/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (862Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Achmad Said. E0013008. PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 1484K/Pid/2015). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian alasan permohonan Kasasi Penuntut Umum terhadap putusan Pengadilan Negeri Klas 1B Lhokseumawe Nomor 68/Pid.B/2015/PN-Lsm tanggal 27 Juli 2015 dan mengenai pertimbangan Hakim Mahkamah Agung mengabulkan Kasasi Penuntut Umum dalam putusan Nomor 1484 K/Pid/2015. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Pendekatan penelitian dengan studi kasus. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi dokumen untuk mengumpulkan bahan hukum dengan membaca peraturan perundang-undangan, dokumen resmi maupun literatur yang berhubungan dengan masalah yang sedang dikaji oleh penulis. Teknik analisis bahan hukum dilakukan secara deduktif silogisme yang berpangkal dari pengajuan premis mayor kemudian diajukan premis minor, dari kedua premis yang didapat maka dapat ditarik simpulan yang berkaitan dengan perkara tersebut. Hasil dari penelitian hukum ini menyatakan bahwa alasan Kasasi Penuntut Umum sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP. Judex Factie salah menerapkan hukum atau menerapkan hukum tidak sebagaimana mestinya. Mengabaikan alat bukti keterangan saksi-saksi yang hadir di persidangan maupun yang dibacakan serta alat bukti surat Visum et Repertum. Pertimbangan Judex Juris dalam mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum dalam Perkara penganiayaan pada putusan Judex Juris Nomor: 1484 K/Pid/2015 telah memenuhi ketentuan Pasal 256 jo Pasal 193 (1) KUHAP yang menjelaskan Judex Juris mengabulkan permohonan Kasasi, membatalkan putusan karena Judex Factie salah menerapkan hukum, tidak mempertimbangkan fakta persidangan keterangan saksi Al Azhari dan saksi Junaidi alias Dek Gam menyatakan melihat Terdakwa memukul korban 3 kali sesuai keterangan dalam Visum et Repertum adanya luka bengkak di dahi kiri korban. Mengadili sendiri memutuskan bahwa Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan penganiayaan sesuai dengan dakwaan Penuntut Umum Pasal 351 ayat (1) KUHP, menjatuhkan pidana penjara selama 7 (tujuh) bulan. Kata Kunci : Kasasi, Pertimbangan Judex Juris, Penganiayaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Jan 2018 16:23
    Last Modified: 16 Jan 2018 16:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39249

    Actions (login required)

    View Item