Efektivitas Tanggung Renteng pada Perusahaan Modal Ventura untuk Mengatasi Perusahaan Pasangan Usaha Wanprestasi (Studi di PT. Bina Artha Ventura Kantor Cabang Tasikmadu))

Widowati, Cempaka (2018) Efektivitas Tanggung Renteng pada Perusahaan Modal Ventura untuk Mengatasi Perusahaan Pasangan Usaha Wanprestasi (Studi di PT. Bina Artha Ventura Kantor Cabang Tasikmadu)). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (989Kb)

    Abstract

    Cempaka Widowati. E0013099. 2017. EFEKTIVITAS TANGGUNG RENTENG DALAM PERUSAHAAN MODAL VENTURA UNTUK MENGATASI PERUSAHAAN PASANGAN USAHA WANPRESTASI (STUDI PT. BINA ARTHA VENTURA KANTOR CABANG TASIKMADU) . Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur kemitraan pemberian modal kerja oleh PT. Bina Artha Ventura kepada perusahaan pasangan usahanya dan mengetahui seberapa efektif jaminan tanggung renteng diterapkan untuk mengatasi perusahaan pasangan usaha wanprestasi. Penulisan hukum ini merupakan jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deksriptif .Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan data kualitatif dan jenis data berupa data primer dimana data utama berasal dari hasil penelitian empiris yang dilakukan serta data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan masalah atau materi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, pertama, prosedur kemitraan pemberian modal kerja oleh PT. Bina Artha Ventura kepada perusahaan pasangan usahanya meliputi tiga tahapan. Pertama, tahap permohonan, kedua, tahap analiss pembiayaan yang menggunakan prinsip 5C+ (Character, Capacity, Capability, Capital, Condition, dan Collateral) dengan tahap melewati tiga tahapan, yaitu uji kelayakan mitra, latihan kedisplinan kelompok mitra, dan uji pengesahan kelompok mitra. Ketiga tahap pencairan, yaitu pemberian modal kerja kepada mitra yang layak dibiayai oleh PT. Bina Artha Ventura. Kedua, perusahaan pasangan usaha tidak mau melaksanakan tanggung renteng sesuai dengan kesepakatan. Dari pihak kreditur tidak dapat mengupayakan supaya tanggung renteng dapat menjadi instrumen untuk mengatasi wanprestasi, justru menggunakan upaya penyelamatan diluar tanggung renteng, yaitu penagihan utang secara individu, rescheduling pembayaran angsuran, pemotongan uang tanggung jawab, dan pembebasan utang bagi debitur yang telah over tenor. Dalam pelaksanaanya, tanggung renteng tidak efektif untuk mengatasi perusahaan pasangan usaha wanprestasi. Kata Kunci : Tanggung renteng, wanprestasi, perjanjian pembiayaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 16 Jan 2018 10:21
    Last Modified: 16 Jan 2018 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39241

    Actions (login required)

    View Item