WUJUD BUDAYA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN PACITAN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP (Kajian Antropologi Sastra)

SETYAWAN, ARIEF (2018) WUJUD BUDAYA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN PACITAN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP (Kajian Antropologi Sastra). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2918Kb)

    Abstract

    Karya sastra sebagai hasil kreatif manusia di dalamnya terdapat cerminan masyarakatnya, baik kehidupan sosial, nilai karakter/kepribadian, maupun wujud kebudayaan yang tentunya memiliki nilai didaktis terhadap pembacanya. Adapun berbagai wujud budaya dan nilai pendidikan karakter tersebut relevan dalam pembelajaran bahasa dan sastra di SMP. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) wujud budaya (kompleksitas ide, kompleksitas aktivitas, dan kompleksitas hasil budaya) dalam cerita rakyat dari Pacitan, (2) nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Pacitan, dan (3) relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah antropologi Sastra. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: (1) teks, berupa buku cerita rakyat dari Pacitan, (2) Informan, (3) catatan lapangan yang terdiri dua bagian, yaitu bagian deskripsi dan bagian refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan membaca secara cermat terkait alur cerita maupun kandungan makna atau amanat dalam setiap cerita dan melakukan pencatatan, serta dengan telaah wawancara dengan informan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data dengan triangulasi teori, sumber dan trianggulasi metode. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) wujud Budaya dalam cerita rakyat dari Pacitan meliputi (a) Kompleksitas ide mengenai hakikat hidup manusia, karya manusia, kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, pandangan manusia terhadap alam semesta, dan hubungan antara manusia dengan sesamanya, (b) kompleksitas aktivitas tokoh dalam bidang kekerabatan, bidang ekonomi, bidang pendidikan, religi, dan bidang somatis, (c) kompleksitas hasil budaya berbentuk bahasa, sistem mata pencarian hidup, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem, sistem religi dan ranah organisasi sosial; 2) nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat dari Pacitan terdiri dari (a) menghargai prestasi, (b) peduli sosial, (c) kerja keras, (d) cinta damai, (e) rasa ingin tahu, (f) semangat kebangsaan, (g) tanggung jawab, (h) religius, (i) kreatif, (j) jujur, dan (k) peduli lingkungan. Wujud budaya dan nilai pendidikan karakter yang ada pada cerita rakyat dari Pacitan tersebut memiliki relevansi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP. Kata Kunci: Cerita Rakyat, wujud budaya, pendidikan karakter, bahan ajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Jan 2018 06:52
    Last Modified: 17 Jan 2018 06:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39238

    Actions (login required)

    View Item