Penerapan Model System Engineering Initiative for Patient Safety (SEIPS) dalam Analisis Persepsi Perawat terhadap Kelelahan Kerja (Studi Kasus: Perawat di Instalasi Bedah Sentral RSUD Karanganyar)

NOVIANI, TIA RIZKY (2018) Penerapan Model System Engineering Initiative for Patient Safety (SEIPS) dalam Analisis Persepsi Perawat terhadap Kelelahan Kerja (Studi Kasus: Perawat di Instalasi Bedah Sentral RSUD Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (273Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tia Rizky Noviani, NIM : I 0313094. PENERAPAN MODEL SYSTEM ENGINEERING INITIATIVE FOR PATIENT SAFETY (SEIPS) DALAM ANALISIS PERSEPSI PERAWAT TERHADAP KELELAHAN KERJA (STUDI KASUS: PERAWAT DI INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) RSUD KARANGANYAR). Skripsi. Surakarta : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2017. Instalasi Bedah Sentral (IBS) merupakan sebuah unit di RSUD Karanganyar yang mempunyai tugas untuk melakukan tindakan operasi pada pasien. Unit IBS rentan mengalami kelelahan karena dalam melakukan tugasnya, perawat tidak hanya berhadapan dengan pasien yang dirawat, tetapi juga dengan dokter, keluarga pasien, sesama perawat, dan bagian lain dalam rumah sakit. Kelelahan yang dirasakan ini dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan perawat yang berdampak pada keselamatan pasien sehingga perlu dilakukan intervensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis persepsi perawat IBS terkait faktor pemicu dan faktor penghalang terjadinya kelelahan menurut Model SEIPS disamping memberikan usulan perbaikan untuk menghalangi terjadinya kelelahan perawat sebagai upaya menjaga keselamatan pasien. Penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu kajian pustaka, observasi, pengumpulan data dengan teknik triangulasi, dan analisis data. Teknik triangulasi merupakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan kajian dokumen yang sekaligus menguji kevalidan data. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan menggunakan aturan analisis data kualitatif. Langkah pertama adalah reduksi data dimana hasil wawancara ditranskripsi dan digunakan sebagai input pada software Nvivo 11. Langkah kedua adalah penyajian data dimana output dari langkah pertama disajikan dalam bentuk teks naratif dan deskriptif. Langkah terakhir adalah membuat kesimpulan dari permasalahan kelelahan dan mengusulkan solusi yang disajikan dalam tabel. Hasil penelitian yang didapatkan adalah faktor yang memicu dan menghalangi kelelahan dalam berbagai subfaktor Model SEIPS. Didapatkan pula beberapa solusi potensial yang dapat diterapkan RSUD Kabupaten Karanganyar untuk meminimalisir kelelahan kerja yang dialami perawat unit IBS. Kata kunci: perawat, kelelahan, Model SEIPS, software NVivo xiv + 75 halaman; 14 gambar; 17 tabel; 3 lampiran Daftar Pustaka: 30 (1993-2016)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 21:50
    Last Modified: 08 Jan 2018 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39214

    Actions (login required)

    View Item