Penerapan Model Discovery Learning dipadu Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3

Novitasari, Rista (2018) Penerapan Model Discovery Learning dipadu Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (894Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rista Novitasari. K4313062. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA 3. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2017. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 melalui penerapan model discovery learning dipadu mind mapping pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan selama 2 siklus dengan menerapkan model pembelajaran yang sama. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu refleksi, perencanaan, tindakan, dan observasi. Subjek penelitian adalah 46 siswa (18 laki-laki dan 28 perempuan) kelas XI IPA 3. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Target penelitian adalah peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar ≥20% pada akhir siklus. Data diobservasi menggunakan tes dengan rubrik dari Sanchez dan Ruiz dan berdasarkan indikator berpikir kritis dari Facione. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model discovery learning dipadu mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 pada materi sistem koordinasi. Data prasiklus observasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 menunjukkan bahwa; kemampuan interpretasi meningkat dari 30.4% dengan kategori rendah menjadi 58.1% dengan kategori cukup, kemampuan analisis meningkat dari 21.1% dengan kategori rendah menjadi 55.4% dengan kategori cukup, kemampuan inferensi meningkat dari 26.0% dengan kategori rendah menjadi 47.8% dengan kategori cukup, kemampuan eksplanasi meningkat dari 29.3% dengan kategori rendah menjadi 56.5% dengan kategori cukup, kemampuan mengevaluasi meningkat dari 17.3% dengan kategori sangat rendah menjadi 44.0% dengan kategori cukup, dan kemampuan regulasi diri meningkat dari 19.5% dengan kategori sangat rendah menjadi 50.5% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa target penelitian dapat tercapai, yaitu peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 28.0%. Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, mind mapping ABSTRACT Rista Novitasari. K4313062. IMPLEMENTATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL COMBINED WITH MIND MAPPING TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILL OF THE ELEVENTH GRADER. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University, September 2017. This research was aimed to improve critical thinking skill of the eleventh grader using discovery learning model combined with mind mapping on the topic of coordination system. This research was a Classroom Action Research conducted for two cycles. Each cycle consists of four stages of reflection, planning, action, and observation. The subjects were 46 students (18 male and 28 female) of the eleventh grader. Research data were obtained through written test, observation, interview, and documentation. The data were analyzed using qualitative descriptive technique. Data were validated using triangulation technique. The research procedure used the spiral method from Kemmis and Mc. Taggart. The target for the study is an increase in the average critical thinking ability of students by ≥20% at the end of the cycle. Data were obtained using tests with rubrics from Sanchez and Ruiz and based on the critical thinking indicators from Facione. The result of the research showed the application of discovery learning model combined with mind mapping can improve students’ critical thinking skills in the topic of coordination system. The data showed the interpretation skill was increased from 30.4% (low) to 58.1% (fair), analytical skill was increased from 21.1% (low) to 55.4% (fair), inference skill was increased from 26.0% (low) to 47.8% (fair), explanation skill was increased from 29.3% (low) to 56.5% (fair), evaluation skill was increased from 17.3% (very low) to 44.0% (fair), and self-regulation skill was increased from 19.5% (very low) to 50.5% (fair). Based on these results concluded that the target of research was achieved with the average increase in students’ critical thinking skills was 28.0%. Keywords: discovery learning, critical thinking skills, mind mapping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 21:12
    Last Modified: 08 Jan 2018 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39207

    Actions (login required)

    View Item