PERBAIKAN PROSES PRODUKSI PADA IKM TAHU SARI MURNI MOJOSONGO MENGGUNAKAN METODE GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN WORK IMPROVEMENT IN SMALL ENTERPRISE (WISE)

Sari, Riska Permana (2018) PERBAIKAN PROSES PRODUKSI PADA IKM TAHU SARI MURNI MOJOSONGO MENGGUNAKAN METODE GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN WORK IMPROVEMENT IN SMALL ENTERPRISE (WISE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (135Kb)

    Abstract

    Keamanan pangan merupakan persyaratan utama dan terpenting dari seluruh parameter mutu pangan yang ada. Salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia adalah tahu. IKM Tahu Sari Murni Mojosongo adalah industri tahu yang sedang berkembang di Surakarta. Proses produksi di IKM Tahu Sari Murni Mojosongo belum menerapkan standar Good Manufacturing Practices (GMP) yang dikeluarkan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan belum memperhatikan keselamatan kerja karyawan seperti dalam pedoman Work Improvement In Small Enterprise (WISE). Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi kondisi aktual dengan pedoman GMP dan WISE. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan pedoman dengan menggabungkan pedoman GMP dan WISE menjadi daftar periksa GMP -WISE untuk perbaikan proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan proses produksi di IKM yang dievaluasi menggunakan daftar periksa GMP-WISE. Pada daftar periksa tersebut memiliki 6 kriteria yaitu penyimpanan dan penanganan material/peralatan, desain tempat kerja, fasilitas kesejahteraan, organisasi pekerjaan, pengendalian proses produksi, dan program higiene dan sanitasi. Penilaian daftar periksa tersebut diperkuat dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan keputusan terbaik dari sejumlah kriteria pada daftar periksa GMP -WISE. Hasil dari penilaian menunjukkan bahwa kriteria program higiene dan sanitasi di IKM merupakan prioritas perbaikan proses produksi. Usulan yang diberikan untuk perbaikan proses produksi di IKM adalah perancangan peraturan rutin karyawan produksi dan perancanagan Standart Operation Process (SOP) kebersihan area kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 21:09
    Last Modified: 08 Jan 2018 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39206

    Actions (login required)

    View Item