Pengaruh Penggunaan Media Statis, Media Dinmais, dan Media Statis Dinamis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI MIA SMA

KHOIROH, MIYA NISAUL (2018) Pengaruh Penggunaan Media Statis, Media Dinmais, dan Media Statis Dinamis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI MIA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Miya Nisaul Khoiroh. K4313045. PEBGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL STATIS, VISUAL DINAMIS, DAN PERPADUAN VISUAL STATIS DINAMIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI MIPA SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media statis-dinamis terhadap penguasaan konsep siswa kelas XI MIA SMA. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan Pre-Test dan Post-Test Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel terpilih antara lain kelas XI IPA 3, XI IPA 5, XI IPA 6, dan XI MIA 7. Kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol tanpa penggunaan media pembelajaran, kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen I dengan penerapan media statis, Kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen II dengan penerapan media dinamis, dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen III dengan penerapan perpaduan media statis dan dinamis. Jumlah total siswa yang berpartisipasi dalam riset ini adalah 148 siswa. Penelitian terfokus pada pembelajaran Sistem reproduksi manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda beralasan yang dilakukan setelah eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA mengguanakan α = 0.05 dan uji lanjut dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa dengan penggunaan media statis, media dinamis, dan perpaduan media statis dinamis; (2) kelas perpaduan media statis dinamis adalah kelas dengan nilai penguasaan konsep paling tinggi. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa media statis-dinamis bisa direkomendasikan pada pembelajaran biologi, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia. Kata Kunci : media statis, media dinamis, penguasaan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 20:06
    Last Modified: 08 Jan 2018 20:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39196

    Actions (login required)

    View Item