PERANCANGAN JALUR EVAKUASI KEBAKARAN FAKULTAS TEKNIK UNS SESUAI SNI 03-1746-2000 DAN ISO 7010 DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA (Studi Kasus : Gedung 1 Fakultas Teknik UNS)

Dewi, Laksmita Nararia (2018) PERANCANGAN JALUR EVAKUASI KEBAKARAN FAKULTAS TEKNIK UNS SESUAI SNI 03-1746-2000 DAN ISO 7010 DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA (Studi Kasus : Gedung 1 Fakultas Teknik UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Laksmita Nararia Dewi, NIM : I 0313058. PERANCANGAN JALUR EVAKUASI KEBAKARAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SESUAI SNI 03-1746-2000 DAN ISO 7010 DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA (Studi Kasus : Gedung 1 Fakultas Teknik UNS). Skripsi. Surakarta: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2017. Kebakaran merupakan bencana yang dapat menimbulkan kerugian jiwa, kerugian materi, dan kerugian sosial. Cara untuk mengantisipasi bahaya kebakaran adalah memberikan kemudahan akses (jalur evakuasi dan penandaannya). Fungsi jalur evakuasi dan penandaannya sangat penting bagi bangunan gedung, terutama pada saat terjadi kebakaran yaitu untuk melakukan evakuasi. Gedung 1 Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret belum memiliki jalur evakuasi dan penandaannya. Oleh karena itu Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret perlu mengantisipasi kebakaran dengan merancang jalur evakuasi dan titik kumpul. Perancangan jalur evakuasi terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama adalah merancang jalur evakuasi dengan menggunakan Algoritma Dijkstra untuk menentukan lintasan terpendek. Tahap pertama terdiri dari beberapa proses yaitu pembuatan denah gedung 1 Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, penentuan letak titik kumpul, perancangan jalur evakuasi kebakaran dengan metode Algortima Dijkstra. Tahap kedua adalah perancangan penandaan menggunakan ISO 7010 dan tahap ketiga adalah membuat usulan denah jalur evakuasi dan penandaannya. Sebelum melakukan perancangan, terlebih dahulu melakukan observasi di Universitas Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN) terkait tanda jalur evakuasi dan titik kumpul. Penandaan jalur evakuasi terbuat dari bahan akrilik yang mengandung flour sense agar dapat terlihat jelas pada saat siang maupun malam hari. Terdapat 120 tanda jalur evakuasi, 71 tanda exit / keluar, 2 tanda titik kumpul, 8 tanda gunakan pegangan tangga, 1 tanda telepon darurat, 24 tanda Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan 3 tanda parkir mundur. Tanda jalur evakuasi, tanda gunakan pegangan tangga, tanda keluar dan tanda Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dipasang pada tembok. Tanda titik kumpul, tanda telepon darurat, dan tanda parkir mundur dipasang pada tiang penyangga. Kata Kunci: Kebakaran, Jalur Evakuasi dan Penandaan, Observasi, Algoritma Dijkstra, dan ISO 7010 xvi + 91 halaman; 18 gambar; 11 tabel; 161 lampiran Daftar pustaka : 32 (1980 - 2017).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 19:48
    Last Modified: 08 Jan 2018 19:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39194

    Actions (login required)

    View Item