ANALISIS USE ERROR MENGGUNAKAN METODE PREDICTIVE USE ERROR ANALYSIS (PUEA) PADA PELAKSANAAN BLASS NIER OVERZICHT INTRAVENOUS PYELOGRAM (BNO IVP) DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD dr. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO WONOGIRI

Saputri, Indah (2018) ANALISIS USE ERROR MENGGUNAKAN METODE PREDICTIVE USE ERROR ANALYSIS (PUEA) PADA PELAKSANAAN BLASS NIER OVERZICHT INTRAVENOUS PYELOGRAM (BNO IVP) DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD dr. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO WONOGIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan pelayanan rontgen didalamnya. Setiap Rumah Sakit dituntut untuk melaksanakan dan mengembangkan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan upaya meningkatkan mutu pelayanan. Untuk mencapai standar pelayanan yang sesuai perlu dilakukannya identifikasi error untuk meminalkan risiko yang terjadi. Di Instalasi Radiologi ini belum dilakukan identifikasi error pada tahapan pemeriksaan rontgen BNO IVP. Tujuan penelitian ini adalah mendeteksi serta mengidentifikasi potensi terjadinya error dan menganalisis risiko error yang dapat terjadi pada pemeriksaan BNO IVP di Instalasi Radiologi RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu observasi untuk mengetahui keadaan sebenarnya pada objek penelitian untuk menemukan masalah yang terjadi, lalu Hierarchical Task Analysis (HTA) untuk memecah proses yang terdapat dalam SPO proses BNO IVP menjadi tahap-tahap yang lebih spesifik, dan Predictive Use Error Analysis (PUEA) untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan menginvestigasi use error yang terjadi dan berpotensi terjadi. Telah di identifikasi 16 potensi use error , 3 error dengan tipe Plan, 12 error dengan tipe Action, dan 1 error dengan tipe Checking sedangkan untuk tipe retreival, communication, dan selection tidak ditemukan. Telah dihasilkan usulan perbaikan untuk mengurangi use error yang ditimbulkan berupa perbaikan prosedur SPO, pembuatan checklist, pembuatan mind mapping.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 19:38
    Last Modified: 08 Jan 2018 19:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39192

    Actions (login required)

    View Item