PENYUSUNAN USULAN PERBAIKAN WAKTU PELAYANAN DI RSUD dr. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL DI INSTALASI RAWAT JALAN

Arifiana, Ghany Sayyida Nur (2018) PENYUSUNAN USULAN PERBAIKAN WAKTU PELAYANAN DI RSUD dr. SOEDIRAN MANGUN SUMARSO DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL DI INSTALASI RAWAT JALAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (296Kb)

    Abstract

    RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri merupakan rumah sakit umum di kabupaten Wonogiri yang telah terakreditasi 16 bidang pelayanan salah satunya yaitu Instalasi Rawat Jalan. Berdasarkan data waktu tunggu diketahui bahwa masih banyak pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso dengan waktu tunggu melebihi waktu standard yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan dengan pendekatan lean hospital untuk mengurangi waktu tunggu dengan mengeliminasi waste yang terjadi pada proses pelayanan instalasi rawat jalan di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari penggambaran sistem pelayanan dengan cross functional flowchart, identifikasi waste dengan menggunakan value stream mapping, penentuan waste kritis dengan borda dan diagram pareto, identifikasi penyebab waste dengan menggunakan fishbone dan menyusun usulan perbaikan dengan FMEA. Pada tahap penggambaran sistem pelayanan dihasilkan gambaran perjalanan proses pelayanan dan siapa saja yang bertanggung jawab atas proses tersebut. Pada tahap identifikasi waste diketahui 8 waste yang terjadi pada proses pelayanan. Pada tahap penentuan waste kritis dengan borda dan pareto diketahui waste kritis yang terjadi yaitu waste waiting, waste over processing, waste transportation dan waste inventory. Berdasarkan identifikasi penyebab waste kritis dengan fishbone dan FMEA dihasilkan beberapa usulan rekomendasi perbaikan antara lain, menambah loket pendaftaran khusus, menerapkan sistem reservasi online, sinkronasi jadwal dokter, menambah dokter praktek di poli, memperbaiki nomor antrian, menerapkan konsep visual management, membuat kaca penghubung di apotek dan menambahkan rak multifungsi di poli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 19:28
    Last Modified: 08 Jan 2018 19:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39189

    Actions (login required)

    View Item