Perbedaan Kreativitas Antara Peserta Didik SMA Dan SMK Di Kecamatan Pati Kabupaten Pati

WIBOWO, FERI TRI (2018) Perbedaan Kreativitas Antara Peserta Didik SMA Dan SMK Di Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (271Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Feri Tri Wibowo, PERBEDAAN KREATIVITAS ANTARA PESERTA DIDIK SMA DENGAN SMK DI KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kreativitas peserta didik SMAN 2 Pati; (2) tingkat kreativitas peserta didik SMKN 2 Pati; dan (3) Perbedaan kreativitas antara peserta didik SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati tahun pelajaran 2016/2017. Sampel/responden penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Pati sejumlah 40 orang dan peserta didik SMKN 2 Pati sejumlah 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel yang disesuaikan dengan jumlah peserta didik tiap-tiap kompetensi keahlian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kreativitas verbal yang telah terstandarisasi validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini yang bersifat empirik dianalisis secara statistik dengan uji t test melalui aplikasi SPSS Statsitics 21 dengan tingkat signifikansi 0,05 atau 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata tingkat kemampuan kreativitas verbal peserta didik SMAN 2 Pati tergolong sedang dan terbagi menjadi tiga tingkatan, yakni: 9 responden (22,5%) tergolong dalam kategori tinggi, 24 responden (60,0%) sedang, dan 7 responden (17,5%) rendah; (2) rata-rata tingkat kemampuan kreativitas verbal peserta didik SMKN 2 Pati tergolong sedang dan terbagai menjadi tiga tingkatan, yakni: 11 responden (18,33%) tergolong dalam kategori tinggi, 41 responden (68,33%) sedang, dan 8 responden (13,34%) rendah; (3) Ada perbedaan tingkat kreativitas antara peserta didik SMAN 2 Pati dan SMKN 2 Pati, yang ditunjukkan besarnya p value (sig) 0.000 < 0.05. Dari hasil tes kreativitas verbal diperoleh data SMKN 2 Pati memiliki tingkat (mean) kreativitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan peserta didik SMAN 2 Pati. Rekomendasi bagi konselor sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu pertimbangan untuk membantu meningkatkan kreativitas siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 19:18
    Last Modified: 08 Jan 2018 19:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39186

    Actions (login required)

    View Item