ANALISIS PENGARUH AKSES KREDIT TERHADAP KINERJA INDUSTRI ALAS KAKI DARI KULIT (Studi Kasus : Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan)

Wicaksono, Cahyo Edi (2018) ANALISIS PENGARUH AKSES KREDIT TERHADAP KINERJA INDUSTRI ALAS KAKI DARI KULIT (Studi Kasus : Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (875Kb)

    Abstract

    ANALISIS PENGARUH AKSES KREDIT TERHADAP KINERJA INDUSTRI ALAS KAKI DARI KULIT (Studi Kasus : Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan) Cahyo Edi Wicaksono NIM. F0113024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kredit bank dan koperasi serta pengaruh faktor modal, tenaga kerja dan lama usaha terhadap omzet industri alas kaki dari kulit di Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Diduga, kredit bank, kredit koperasi, modal, jumlah tenaga kerja, dan lama usaha memiliki pengaruh positif terhadap omzet industri alas kaki dari kulit di Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 97 industri alas kaki dari kulit dengan metode random sampling di tiga kelurahan/desa di Kecamatan Magetan diantaranya Kelurahan Magetan, Kelurahan Selosari dan Desa Candirejo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan variabel dummy dan uji statistik dengan dibantu program eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen modal, tenaga kerja, dan kredit bank sekaligus koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel omzet. Sedangkan variabel kredit koperasi, kredit bank dan lama usaha menunjukkan pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap variabel omzet. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,941 menunjukkan bahwa 94,1% variasi dari perubahan yang terjadi terhadap omzet industri alas kaki dari kulit dipengaruhi oleh variabel dalam model, sedangkan 5,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar model. Sedangkan hasil Uji F diperoleh F hitung > F tabel yang menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen. Dalam menigkatkan omzet, pemilik industri alas kaki dari kulit disarankan untuk meningkatkan jumlah modal dan tenaga kerja serta disarankan untuk menggunakan kredit dari bank atau kredit dari bank sekaligus koperasi. Kata Kunci: Omset, industri alas kaki dari kulit, modal usaha, tenaga kerja, lama usaha, kredit bank, kredit koperasi, random sampling, analisis regresi linier berganda.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Jan 2018 07:02
    Last Modified: 08 Jan 2018 07:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39173

    Actions (login required)

    View Item