PENGARUH CONSUMER-LEVEL FACTORTERHADAP KESUKSESAN PRODUK PRIVATE LABEL BRANDS (Penelitian terhadap produk pakaian , private label brands dari Matahari Department Storedi Surakarta)

M, JIWO SAPTO (2010) PENGARUH CONSUMER-LEVEL FACTORTERHADAP KESUKSESAN PRODUK PRIVATE LABEL BRANDS (Penelitian terhadap produk pakaian , private label brands dari Matahari Department Storedi Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (1062Kb)

    Abstract

    Salah satu strategi yang mulai diterapkan oleh retailer dalam mempertahankan penjualan adalah melakukan peluncuran produk Private Label Brands. Hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor consumer-level yang membuat PLBssukses dalam kategori produk. Penelitian ini berfokus pada consumer-level perceptions , khususnya pada level of perceived risk atau tingkat resiko yang dirasakan. Variabel consumer-levelof perceived riskmencakup Consequences of Purchase Mistake, variation quality (tingkat variasi kualitas merek), “search” versus “experience” nature of product features , dan variabel consumerlevel of price-consciousness (kesadaran konsumen akan harga). Keempat variabel diatas dihubungkan dengan variabel PLBs purchase (pembelian dari PLBs) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kesuksesan dari PLBs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Variabel consumer-level of perceived risk seperti Price Consciousness, Search versus Experience"nature of Product Feature, Quality Variation dan Consequence of Purchase Mistakeberpengaruh positifterhadap Private Label Brands. Sampel dalam penelitian ini adalah 186orang konsumen Produk pakaian Private Label Brands Matahari Departement Store di kota Surakarta. Dimana data diambil menggunakan non probablility sampling secara convenience sampling . Pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut adalah dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan program AMOS versi 7. Hasil uji validitas menyatakan bahwa semua item pertanyaan yang diuji valid dan uji realibilitas menyatakan semuanya reliabel. Hasil dari analisis SEM untuk estimasi parameter, pada variabel (1) Price Consciousness, (2)Quality Variation, dan (3) Consequence of Purchase Mistake menunjukkan tidak adanya pengaruh secara positif terhadap terhadap Private Label Brands. Sedangkan variabel (4) Search versus Experience"nature of Product Feature menunjukkan bahwa adanyapengaruh positif terhadap Private Label Brands. Saran yang dapat diberikan kepada pihak retailerproduk pakaian Private label brands, yaitu meningkatkan merek atau kualitasagar dapat bersaing dengan produk National brands, dengan menambah variasi kualitas model dan pemberian informasi yang tertera pada label produk. Kata Kunci: consumer-level of perceived risk, price, quality variation , Search versus Experience, Consequence of Purchase Mistake,Private Label Brands.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 14 Jul 2013 19:55
    Last Modified: 14 Jul 2013 19:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3915

    Actions (login required)

    View Item