Persepsi dan Tingkat partisipasi Petani dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karangayar

HAYUNINGTYAS, WINDA (2018) Persepsi dan Tingkat partisipasi Petani dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karangayar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor sosial ekonomi petani, persepsi petani dan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes, hubungan antara faktor sosial ekonomi petani dengan persepsi dan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes serta hubungan antara persepsi petani dengan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah lebar interval, uji korelasi Rank Spearman dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang tergabung dalam kelompok tani di Desa Berjo. Faktor sosial ekonomi petani dalam penelitian adalah umur, tingkat pendidikan, lingkungan sosial, aksesibilitas informasi, pendapatan, kemudahan permodalan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi petani berada dalam kategori baik pada aspek tujuan, pelaksanaan dan manfaat BUMDes. Tingkat Partisipasi berada dalam kategori sangat rendah pada tahap pengambilan keputusan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi, sedangkan pada tahap pemanfaatan hasil pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis Rank Spearman dan uji t, terdapat hubungan signifikan antara lingkungan sosial, aksesibilitas informasi, pendapatan, dan kemudahan permodalan dengan persepsi petani dalam BUMDes. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara umur dan tingkat pendidikan dengan persepsi petani dalam BUMDes. Terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan, lingkungan sosial, aksesibilitas informasi, pendapatan, dan kemudahan permodalan dengan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara umur dengan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes. Terdapat hubungan yang sangat signifikan dan korelasi sangat kuat antara persepsi dengan tingkat partisipasi petani dalam BUMDes.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 07 Jan 2018 01:39
    Last Modified: 07 Jan 2018 01:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39142

    Actions (login required)

    View Item