Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) Pada Proses Produksi Mie Segar Di UKM "Mulya Mi" Jumok (Jaten, Karanganyar)

M, WINNANDA CHRISNA (2018) Konsep Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) Pada Proses Produksi Mie Segar Di UKM "Mulya Mi" Jumok (Jaten, Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (282Kb)

    Abstract

    KONSEP CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PADA PROSES PEMBUATAN MI SEGAR DI “USAHA KECIL MENENGAH MULYA MI JUMOK (JATEN, KARANGANYAR)” Winnanda Chrisna Murti1 H3114102 Ir. Bambang Sigit Amanto, M.Si2 Gusti Fauza, S.T., M.T., Ph.D3 ABSTRAK Mi merupakan produk pasta atau ekstruksi. Berdasarkan kadar air dan tahap pengolahannya, dibagi menjadi lima, yaitu mi basah mentah/segar, mi basah matang, mi kering, mi goreng dan mi instan. Mi basah mentah/segar yaitu mi yang dibuat langsung dari proses pemotongan lembaran adonan dengan kadar air 35%. Praktek Quality Control di UKM “Mulya Mi Jumok” dilakukan untuk mengetahui proses pembuatan mi segar; melakukan evaluasi pada proses pembuatan mi segar dari bahan baku, proses produksi serta produk akhir dan merancang konsep CPPB yang dapat diterapkan pada pembuatan mi segar di UKM “Mulya Mi Jumok”. Perancangan konsep CPPB pada proses pembuatan mi segar dilakukan dengan menggunakan dasar peraturan BPOM RI Nomor HK.03.1.23.04.12.2206 tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan yang Baik. Konsep CCPB ini perlu diterapkan agar produk yang dihasilkan bermutu, aman dan layak konsumsi. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, pengambilan sampel, pengujian, studi pustaka, dokumentasi dan data-data. Bahan yang digunakan dalam pembuatan mi segar yaitu tepung terigu, tepung tapioka, garam, air, CMC dan STPP. Proses pembuatan mi segar yaitu meliputi pencampuran bahan baku, pembentukan lembaran dan pencetakan mi. Pengujian karakteristik mutu produk akhir dilakukan dengan menganalisis kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar formalin, dan angka lempeng total. Hasil analisis mi segar didapat bahwa kadar air 19,507%, kadar abu 1,909%, kadar protein 4,921%, kadar formalin 0% (tidak ada), Angka Lempeng Total (ALT) 9,2 x 102 koloni/g. Karakteristik mi ini sudah sesuai dengan standar syarat mutu mi basah, SNI 01-2987 tahun 1992. Kata kunci: mi, mi segar, konsep CPPB, proses pembuatan Keterangan : 1. Mahasiswa Jurusan/ Program Studi D-III Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta 2. Dosen Pembimbing I/ Penguji I 3. Dosen Pembimbing II/ Penguji II

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 07 Jan 2018 01:36
    Last Modified: 07 Jan 2018 01:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39141

    Actions (login required)

    View Item