STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM POLRI (Studi tentang Strategi Komunikasi Polres Karanganyar dalam Rangka Mensosialisasikan Program Aksi 123 Clear And Clean)

K, VALENTINA WIDIA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM POLRI (Studi tentang Strategi Komunikasi Polres Karanganyar dalam Rangka Mensosialisasikan Program Aksi 123 Clear And Clean). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (876Kb)

    Abstract

    VALENTINA WIDIA KUSUMAWATI, D1215055, PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK, UNIVERSITAS SEBELAS MARET, 2017, STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM POLRI (Studi Tentang Strategi Komunikasi Polres Karanganyar Dalam Rangka Mensosialisasikan Program Aksi 123 Clear And Clean). Kepolisian Resor (Polres) yaitu Polres Karanganyar ikut mengambil peran untuk mensosialisasikan program Aksi 123 Clear and Clean sebagaimana tema yang diusung Polri untuk rekrutmen anggota Polri 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara rinci bagaimana terjadinya aktivitas strategi komunikasi Polres Karanganyar dalam rangka mensosialisasikan program Aksi 123 Clear and Clean. Selain itu, penelitian ini juga membahas faktor pendukung dan penghambat program Aksi 123 Clear and Clean. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber utama yang diperoleh dari wawancara kepada Polres Karanganyar, sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumentasi dan faktor pendukung berupa data-data dari media yang digunakan. Kemudian mengaplikasikannya kedalam 5 unsur paradigma teori Harold Laswell serta teori strategi komunikasi milik Arifin. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan yaitu; mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi dan pemilihan media serta monitoring dan evaluasi. Faktor pendukung strategi komunikasi yakni kebijakan Kapolres Karanganyar, aksesbilitas yang tinggi terhadap teknologi, sumber daya Polres Karanganyar. Sedangkan faktor penghambatnya yakni kewilayahan Polres Karanganyar yang sangat luas dan kerjasama antar instansi Polres Karanganyar dan Kelurahan wilayah Kabupaten Karanganyar belum maksimal. *kata kunci: deskriptif kualitatif, strategi komunikasi, program Aksi 123 Clear and Clean, Polres Karanganyar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Wahyu Trianingsih
    Date Deposited: 07 Jan 2018 01:12
    Last Modified: 07 Jan 2018 01:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/39135

    Actions (login required)

    View Item